29 September 2021, 17:05 WIB

Manny 'Pacman' Pacquiao Pensiun Dari Ring Tinju


Widhoroso | Olahraga

LEGENDA tinju dunia asal Filipina, Manny Pacquiao secara mengejutkan menyatakan pensiun dari ring tinju. Pengumuman tersebut diungkapkan Pacquaio di akun twitternya, Rabu (29/9).

uperstar Filipina dan calon presiden Manny Pacquiao mengumumkan pada hari Rabu bahwa dia pensiun dari tinju setelah karir gemilang selama puluhan tahun di atas ring, menggambarkannya sebagai "keputusan tersulit" dalam hidupnya.

"Sulit bagi saya untuk menerima bahwa waktu saya sebagai petinju sudah berakhir. Hari ini saya mengumumkan pensiun," kata Pacquiao, 42, yang berencana mencalonkan diri sebagai presiden Filipina pada pemilihan 2022, dalam pesan video di Twitter.

Petinju berjuluk Pacman ini mengaku ini merupakan keputusan tersulit yang harus diambil. Selama berkiprah di ring tinju, Pacquiao telah mencatatkan dirinya sebagai salah satu yang terbaik.        

Petinju yang pernah menjadi juara dunia delapan kelas berbeda dan pahlawan nasional Filipina, membuat pengumuman pensiunnya beberapa minggu setelah kalah dalam pertarungan profesional terakhirnya, melawan Yordenis Ugas di Las Vegas.

Pacquiao, yang memasuki dunia politik pada 2010 sebagai anggota kongres sebelum terpilih menjadi anggota Senat, pekan lalu mengatakan dia akan mencalonkan diri untuk jabatan tertinggi negara itu.

Pacquiao, ayah lima anak, berterima kasih kepada jutaan penggemarnya di seluruh dunia, dan memberikan penghormatan khusus kepada pelatih lamanya Freddie Roach yang dia gambarkan sebagai "keluarga saya, saudara lelaki dan teman saya". (AFP/OL-15)

BERITA TERKAIT