27 September 2021, 19:57 WIB

KOI Yakin PON XX Papua Berjalan Lancar dan Lahirkan Bibit Atlet Unggulan


Ilham Ananditya | Olahraga

KOMITE Olimpiade Indonesia (KOI menyambut baik dan mendukung penuh penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua serta diyakini dapat terselenggara dengan lancar, Senin (27/9). 

Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari mengatakan tantangan menggelar event olahraga pada masa pandemi tidak mudah. Namun, ia percaya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bersama Panitia Besar (PB) PON mampu menggelar multi cabang olahraga nasional tersebut. 

“Pandemi covid-19 menjadi tantangan bagi semua sektor, tak terkecuali olahraga. Namun, kami percaya karena KONI Pusat dan PB PON sudah lama menyiapkan PON. Pemerintah juga telah bekerja ekstra keras untuk mengoptimalkan vaksinasi,” kata Okto, sapaan karib Raja Sapta. 

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada 14 September lalu, mayoritas kabupaten/kota tempat penyelenggaraan PON sudah mencapai vaksinasi covid-19 di atas 50 persen untuk tahap pertama. 

Baca juga : Kirab Api PON Papua Resmi Dilepas ke Lima Wilayah Adat Papua

Meski begitu, Okto berharap kontingen-kontingen yang berpartisipasi nanti tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. 

Satgas Covid-19 pun telah merumuskan regulasi serta mensosialisasikan prokes yang harus ditaati selama penyelenggaraan PON Papua. 

Di sisi lain, Okto berharap PON Papua dapat melahirkan bibit-bibit potensial untuk mewakili Merah Putih di kancah dunia. 

“Saya yakin PON Papua dapat terselenggara dengan baik sehingga nantinya multi event ini mampu melahirkan wajah-wajah baru yang akan mewakili Indonesia di kancah dunia, terutama Olimpiade yang menjadi puncak prestasi tertinggi bagi seluruh atlet-atlet di dunia,” ungkap Okto. (OL-7)

BERITA TERKAIT