27 September 2021, 19:31 WIB

Pemerintah Berikan Tambahan Dana RP1,4 Triliun Untuk PON XX Papua


Ilham Ananditya | Olahraga

PEMERINTAH melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan anggaran tambahan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI sebagai bentuk dukungan penuh terhadap PON maupun Peparnas, Senin (27/9). 

Dukungan ini didasari oleh bentuk perjanjian kerja sama untuk kegiatan penyaluran bantuan pemerintah atas dana tambahan APBN yang ditanda tangani oleh Pelaksana Tugas (Plt), Asisten Deputi Standardisasi dan Infrastuktur Olahraga (SIOR) Kemenpora Firtian Judiswandarta dan dari pihak PB PON dan Peparnas diwakili, Doren Wakerkwa Jabatan, Ketua Hanan Panitia Besar Pekan Paralimpik Nasional (PB PEPARNAS XVI). 

Penambahan anggaran tambahan untuk PON XX dan Peparnas XVI atas permohonan dari Ketua PB PON XX, yang juga Gubenur Papua Lukas Enembe kepada Presiden Joko Widodo. Setelah itu, peninjauan dilakukan oleh tim sehingga hasil terakhir dana tersebut senilai Rp1,4 triliun untuk PON dan Rp175 miliar untuk Peparnas. 

Rincian bantuan dana tambahan bersumber dari Bagan Akun Bendahara Umum Negara (BA BUN) untuk PB PON adalah sebesar Rp715 miliar dan PB Peparnas sebesar Rp116 miliar. 

Baca juga : BNPB Siapkan Relawan untuk Kuatkan Disiplin Prokes PON XX Papua

“Prosesnya memang panjang. Karena kita harus hati-hati menyangkut administrasi. Saya khususnya berpesan kepada teman-teman Kemenpora agar pelaksanaan PON XX, sukses prestasi, penyelenggaraan dan administrasi,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang turut hadir menyaksikan acara tersebut. 

Amali juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Keuangan, Kemendagri, BPKP dan LKPP, Polri dan Kejaksaaan yang telah bersama membuat formula yang baik untuk pencairan dana tambahan PON tersebut yang aman dan tidak menghambat kegiatan. 

“Itulah sebabnya, kami mengundang kehadiran dari Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen, Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, agar membuat kita tenang, tetapi hati-hati. Jangan sampai disaksikan Jamintel dan Dirtipikor Polri tapi kemudian pekerjaan kita sembrono,” tegas Amali. 

“Kami atas nama PB PON dan Peparnas, kami menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora yang telah memberikan perhatian yang besar kepada kami dalam persiapan pembangunan infrastruktur,” kata Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda. (Kemenpora/OL-7)

BERITA TERKAIT