26 September 2021, 11:07 WIB

Petinju Kelas Berat Anthony Joshua Ingin Tanding Ulang Lawan Usyk


Ilham Ananditya | Olahraga

PETINJU kelas berat Anthony Joshua harus merelakan gelar juara kelas berat versi WBA, WBO, IBF, dan IBO setelah kalah mutlak dari penantangnya Oleksandr Usyk di Tottenham Hotspur Stadium, London, Minggu (26/9) dini hari.

Berada di hadapan 66.267 penonton London, Usyk berhasil merebut gelar juara kelas berat tinju dunia setelah mendaratkan 148 dari 641 percobaan pukulan di 12 ronde saat berhadapan dengan Joshua.

Dominasi pertarungan Usyk sudah terlihat agresif sejak ronde pertama hingga kelima. Joshua tak mau tinggal diam, pada ronde ketiga dan kelima dirinya berhasil mendaratkan pukulan keras sempurna ke wajah Usyk.

Usyk yang kerap kali mengarahkan pukulannya ke tubuh Joshua berhasil merepotkan Joshua. Poin demi poin berhasil ia kumpulkan hingga akhir laga.

Pada akhir pertarungan, ketiga hakim tinju memberikan skor bagi petarung Ukraina, Usyk 117-112, 116-112, 115-113 dan kemenangan mutlak.

Setelah catatan 18 pertarungan yang ia jalani sebelumnya tanpa kekalahan, Usyk membuat pertarungan kali ini menjadi yang ke-19 baginya membubuhkan kemenangan.

Catatan kemenangan ini membuat Usyk menjadi orang ketiga setelah Evander Holyfield dan David Haye yang memenangkan gelar dunia di kelas penjelajah dan kelas berat.

"Saya telah berlatih sangat keras sejak Januari, bahkan saya tidak sempat melihat keluarga saya. Kemenangan ini sangat berarti. Saya mengikuti arahan pelatih untuk tidak menyudutkannya dan berhasil menang," ungkap Usyk.

Sebenarnya, Joshua direncanakan melawan Tyson Furry untuk perebutan gelar WBC. Namun Fury lebih dulu dijadwalkan bertarung dengan Deontay Wilder.

Sehingga WBO menempatkan Oleksandr Usyk sebagai penantang sebelum Fury yang harus dihadapai Joshua.

Joshua yang menyimpan kontrak klausul pertandingan ulang, menginginkan adanya pertarungan ulang dengan Usyk.

"Saya ingin pertandingan selanjutnya, 100%. Saya akan kembali berlatih secepatnya. Pertandingan malam ini adalah pertandingan 12 ronde yang menyenangkan, bagus untuk paru-paru saya," tutur Joshua.

"Selalu positif walaupun dunia terasa runtuh di depan kamu. Saya cinta masyarakat London, terima kasih telah selalu mendukungku," ucap Joshua dalam laman Twitter resminya. (The Athletics/And/OL-09)

 

 

BERITA TERKAIT