25 September 2021, 15:45 WIB

Raducanu Pecat Pelatih yang Mengantarnya jadi Juara AS Terbuka


Basuki Eka Purnama | Olahraga

JAWARA Amerika Serikat (AS) Terbuka Emma Raducanu memutuskan memecat pelatihnya, Andrew Richardson, dan menggantiknya dengan pelatih yang memiliki pengalaman menangani petenis putri papan atas.

Richardson, yang terbiasa menangani petenis muda Inggris, melatih Raducanu di Pusat Tenis Bromley, dekat rumah petenis putri itu di Kent dan mengantarkan petenis berusia 18 tahun itu lolos ke AS Terbuka dan menjadi juara pertama yang mengawali turnamen dari babak kualifikasi.

Richardson menggantikan Nigel Sears, mertua Andy Murray, yang dipecat Raducanu setelah mengantarkannya hingga babak 16 besar Wimbledon, Juli lalu.

Baca juga: Alami Reaksi Terhadap Vaksin Covid-19, Chardy Pilih tidak Bertanding Lagi Tahun Ini

"Selepas Wimbledon, saya berperingkat 200 dunia dan kala itu saya merasa Andrew adalah pelatih yang tepat. Namun, saya tidak menyangka bisa menjadi juara AS terbuka," ujar Raducanu.

"Di tahap ini dalam karier saya, melawan para petenis terbaik di dunia, saya menyadari bahwa saya butuh pelatih yang memiliki pengalaman di level tertinggi WTA."

"Saya butuh pelatih yang bisa membimbing saya di level tertinggi," lanjutnya.

Raducanu mengakui memecat Richarson adalah hal yang berat karena mereka masih merasakan euforia menjadi juara AS Terbuka.

"Pastinya ini adalah hal yang berat. Namun, menurut saya, saya harus melakukannya," tegas Raducanu.

Keputusan Raducanu memecat Richardson didukung oleh salah satu pelatih kenamaan di WTA Patrick Mouratoglou, yang melatih Serena Williams sejak 2012.

"Emma Raducanu benar-benar membuat saya kagum. Namun, perjalanan berat dimulai dari sini," tegasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT