24 September 2021, 20:06 WIB

Tim Bulu Tangkis indonesia Terus Mantapkan Persiapan Jelang Piala Sudirman


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

TIM bulu tangkis Indonesia yang dijadwalkan akan berlaga di kompetisi Piala Sudirman terus mengasah persiapan mereka, dua hari jelang pertandingan yang akan dimulai pada Sabtu, (26/9) waktu setempat. 

Memasuki hari ketiga di Vantaa, Finlandia, Jumat (24/9), Skuad Garuda kembali berlatih penuh semangat. Selama sejam dari pukul 11.30 waktu setempat, sebanyak 20 pemain di bawah arahan pelatih, menjalani persiapan di arena latihan yang disediakan panitia di Hameenkylan Liikuntahall, Vantaa. 

Meski latihan berlangsung singkat, latihan diharapkan dapat meningkatkan performa atlet jelang kompetisi beregu itu. Persiapan teknik ini merupakan latihan kedua yang dilakoni para pemain selama di Vantaa setelah latihan perdana pada Kamis sebelumnya. 

Menurut Subid Pengembangan Sport Science sekaligus pelatih fisik PP PBSI Iwan Hermawan, latihan kali ini masih berfokus untuk mengembalikan kondisi pemain. Selain itu juga untuk mengembalikan feeling dan akurasi pukulan. 

"Latihan yang yang dirancang hari ini kita harapkan agar dalam dua atau tiga hari ke depan bisa membuat kondisi pemain lebih optimal dan siap lagi untuk menghadapi pertandingan," ucap Iwan dalam keterangan resmi PBSI Jumat (24/9). 

Pada latihan kali ini tim ganda putra berlatih tanding satu lawan satu dengan setengah lapangan untuk empat arah. Latihan ini menurut Herry IP, dimaksudkan untuk mengembalikan feeling pukulan. 

"Dengan ruang permainan yang lebih kecil dan terbatas, bagi pemain latihan ini ditujukan untuk memantapkan pukulan saja," sebut Herry. 

Baca juga : Tim Bulu Tangkis Indonesia Jalani Latihan Pertama di Finlandia

Sementara bagi Melati Daeva Oktavianti, latihan kedua ini dirasakan lebih baik dibanding latihan kemarin. Meski dirinya mengaku masih harus beradaptasi dengan kondisi cuaca dingin di Finlandia 

"Memang rasanya masih ngab, susah bernafas karena udara dingin. Namun, latihan kedua ini rasanya jauh lebih baik. Badan sudah tidak kaku-kaku seperti kemarin," sebut Melati. 

Usai berlatih sesi siang, pemain larut tenggelam untuk menyantap makanan khas Indonesia yang disajikan KBRI di Finlandia. Mereka menyantap makanan spesial ini di kamar masing-masing di Hotel Skyline Airport. 

Kiriman makanan berselera ini cukup mengobati kerinduan pemain. Maklum, selama tiga hari makan pagi, siang dan malam di hotel, menunya kurang begitu cocok di lidah Mohammad Ahsan dkk. 

"Menu makan siang ini rasanya sudah sangat cukup sebagai asupan untuk atlet. Ada karbohidrat, protein, sayur, dan buah. Porsinya juga besar," ujar dokter gizi, Vetinly.Di malam hari, 

Adapun malam nanti waktu setempat, tim Indonesia dijadwalkan akan berlatih di tempat pertandingan di Energia Areena. Latihan sejam ini akan menggunakan tiga lapangan di main court dan dua lapangan di warm up. (PBSI/OL-7)

BERITA TERKAIT