22 September 2021, 18:18 WIB

3 Petenis Terbaik Dunia Lolos Kualifikasi WTA Finals


Ilham Ananditya | Olahraga

TIGA petenis terbaik dunia yaitu juara bertahan Ashleigh Barty, unggulan kedua Aryna Sabalenka, dan pemenang Roland Garros 2021 Barbora Kerjcikova menjadi tiga nama yang berhasil mengamankan tiket kualifikasi ke WTA Finals 2021 di Guadalajara, Meksiko, Selasa (22/9).

Guadalajara menjadi tuan rumah turnamen akhir musim untuk tahun ini saja, karena gelaran yang sebelumnya direncanakan di Shenzhen, Tiongkok terpaksa batal karena pandemi. Untuk kemudian pada 2022 hingga 2030, gelaran akan dijadwalkan kembali di Tiongkok.

Baca juga: Andy Murray Terus Tingkatkan Kebugaran di Sisa Musim 2021

Dalam laman resminya, Asosiasi Tenis Wanita (WTA) mengumumkan tiga petenis tersebut berhasil mengamankan diri menuju gelaran WTA Finals ke-50.

Krejcikova juga sebelumnya telah lebih dulu lolos di nomor ganda putri bersama pasangannya Katerina Siniakova. Keduanya telah memenuhi syarat di nomor ganda bersama dengan pasangan lainnya asal Jepang Shuko Aoyama dan Ena Shibahara, yang akan melakukan debutnya di Final WTA.

Petenis yang menduduki posisi teratas saat ini, Ashleigh Barty berhasil memenuhi syarat sebagai juara bertahan. Dirinya telah memenangkan WTA Finals Billie Jean King Trophy pada 2019 di Tiongkok.

“Mengangkat Trofi Billie Jean King di Shenzhen pada 2019 adalah salah satu momen terbaik dalam karir saya,” kata Barty.

“Merupakan kehormatan besar untuk berada di antara delapan pemain terbaik di dunia dan menjadi yang pertama lolos ke Final WTA 2021,” tutur petenis Australia tersebut.

Petenis peringkat satu dunia WTA ini juga telah memenangkan lima gelar juara tur musim ini, termasuk Yarra Valley Classic (Melbourne), Miami Terbuka, Porsche Tennis Grand Prix (Stuttgart), merebut trofi Grand Slam keduanya di The Championships, dan ajang Wimbledon dan Western & Southern Open (Cincinnati, AS Terbuka).

Unggulan kedua Sabalenka menjadi pemain pertama dari Belarus yang lolos ke Final WTA di nomor tunggal sejak Victoria Azarenka, yang menjadi runner-up pada 2011 dan terakhir lolos pada 2013.

Sabalenka telah memenangkan dua gelar dari tiga final musim ini, yaitu Abu Dhabi WTA Women's Tennis Open dan Madrid Terbuka.

Krejcikova yang juga menjadi petenis di nomor ganda di Final WTA, akan menjadi petenis pertama yang bertanding di nomor tunggal dan ganda putri sejak Karolina Pliskova pada 2016.

Ganda putri asal Jepang, Aoyama/Shibahara berhasil lolos kualifikasi pertama dalam karir mereka di WTA Finals dan menjadi pemain Jepang pertama yang lolos di nomor ganda sejak Ai Sugiyama pada 2008, ketika ia mencapai babak semifinal bersama Katarina Srebotnik. (AND/WTATennis/OL-6)

 

 

BERITA TERKAIT