15 September 2021, 20:20 WIB

Atlet Babel Akhirnya Bisa Berangkat ke Papua


Media Indonesia | Olahraga

SEBANYAK 80 atlet Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akhirnya bisa diberangkatkan mengikuti PON XX Papua, 2-15 Oktober 2021. Kepastian ini muncul usai PT Timah Tbk menyatakan komitmen membantu biaya transportasi atlet Rp1,4 miliar. 

"Sebelumnya para atlet dan KONI Babel sempat was-was tidak semua atlet yang sudah mengikuti Pelatda bisa berangkat lantaran terkendala anggaran," tutur Ketua KONI Babel Elfandi di Pangkalpinang, Bangka Belitung. 

Elfandi menuturkan bahwa refocusing anggaran membuat KONI Babel sempat kelabakan. Pasalnya, anggaran ini hanya cukup untuk biaya pelatda atlet dari Februari sampai September, perlengkapan bertanding dan latihan, makan dan minum saat pemusatan latihan.  

“Anggaran untuk keberangkatan dan honor atlet terpotong waktu itu, akhirnya kita berupaya mengetuk hati stakeholder. Alhamdullillah PT Timah Tbk menyambut baik dan peduli mendukung kontingen Babel. Ini menggembirakan kami dan para atlet semua, sehingga mereka bisa berangkat," imbuh Elfandi pekan lalu.

Elfandi mengakui adanya kekhawatiran para atlet tidak bisa berangkat, bahkan sampai terdengar rumor atlet yang mengikuti training center tidak semuanya bisa berangkat karena keterbatasan anggaran. "Adanya komitmen awal dari PT Timah Tbk ini membuat kami lega dan atlet bisa lebih fokus latihan," tukasnya.

Saat ini atlet Babel sudah siap mental dan teknik untuk berlaga di ajang PON XX Papua. Rencananya para atlet akan diberangkatkan secara bertahap sejak 26 September hingga 3 Oktober mendatang. 

Ia menyebutkan, biaya transportasi dan tes PCR para atlet per orang mencapai Rp12 juta. Sehingga diperlukan dana sekitar Rp1,8 miliar untuk kebutuhan akomodasi para atlet, pelatih dan ofisial. Ia mengapresiasi kepedulian PT Timah Tbk untuk memberangkatkan para atlet. 

Pihaknya juga sudah mendatangi beberapa perusahaan untuk meminta dukungan pendanaan. "Beberapa BUMN dan pak gubernur akan membantu termasuk beberapa perusahaan, tapi baru PT Timah Tbk yang menyatakan komitmen dan nominalnya. Kita sangat mengapresiasi," ungkapnya. (RO/O-2)

BERITA TERKAIT