14 September 2021, 20:09 WIB

Piala Presiden Esports 2021 Diwarnai Gim Lokal


Akmal Fauzi | Olahraga

PEMERINTAH menyatakan komitmen dan dukungan untuk memajukan ekosistem dan industri esports nasional. Salah satu upaya diwujudkan melalui Piala Presiden Esports (PPE) 2021, yang akan digelar pada Oktober mendatang.

Mengusung konsep sport tourism dan tema besar "Bangga Esport Indonesia", salah satu gim yang dipertandingkan di turnamen tahun ketiga ini, yaitu gim lokal buatan anak bangsa Lokapala.

"Indonesia harus siap menjadi leader dunia esports, baik regional maupun internasional. Kita memiliki potensi yang luar biasa besar. Dari sisi sumber daya generasi muda, ekosistem keolahragaan dan juga industri Esports," ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam konferensi pers virtual, Selasa (14/9).

Baca juga: Gim Esports Lokal Pertama Ikuti PON XX Papua

Moeldoko berharap Piala Presiden Esports 2021 bisa menjadi tantangan bagi Lokapala dan gim lokal lainnya, agar bisa naik kelas. Tidak hanya di ranah nasional, namun juga di kancah global.

Pada 2019, valuasi industri gaming di Indonesia diperkirakan mencapai Rp14 triliun. Adapun tingkat pertumbuhan industri gaming diperkirakan lebih dari 10% per tahun.

Saat ini, pangsa pasar pelaku usaha lokal atau developer game hanya sekitar 0,4% dari total pelaku usaha dalam negeri. "Ini yang akan terus kita dorong dan wujudkan melalui penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021. Kita yakin bahwa esports Indonesia mampu menjadi yang terbaik," pungkas Moeldoko.

Baca juga: Asian Games 2022 Akan Pertandingkan 8 Gim Esport

Ketua Panitia Pelaksana Rangga Danu Prasetyo menjelaskan kompetisi olahraga elektronik terbesar akan dibuka dengan seremoni kick off pada 3 Oktober mendatang. Turnamen diselenggarakan secara hybrid, dengan mengkombinasikan sistem daring dan luring. Serta, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan menyeluruh.

Sejumlah cabang gim yang akan dipertandingkan, yaitu eFootball PES, Free Fire, Lokapala (gim lokal), Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming. “Penyelenggaraan PPE 2021 merupakan kerja kolaboratif lintas sektoral dan stakeholders di esports yang begitu besar," tutur Rangga.(OL-11)


 

BERITA TERKAIT