14 September 2021, 09:43 WIB

Amankan PON XX Papua, Ribuan Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan


Hilda Julaika | Olahraga

RIBUAN personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 Papua. Pengamanan bertujuan untuk tetap memberikan rasa aman dan nyaman pada peserta PON kali ini, pihak TNI-Polri akan mengerahkan pasukan gabungan sebanyak 9.986 personel.

Untuk diketahui, pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX akan segera digelar pada 2-15 Oktober.

"9.986 personel itu terdiri dari 1.685 pasukan korps Brigade Mobil (Brimob), 2.800 anggota TNI dan 5.500 personel dari Polda Papua," kata Ketua Koni Pusat Marciano Norman dalam keterangannya, Selasa (14/9).Hilda Jul

Adapun untuk pola pengamanan yang dilakukan adalah menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat. Utamanya di venue-venue maupun akomodasi atlet.

Marciano mengatakan sejak 1 Agustus 2021, seluruh kontingen provinsi sudah mendaftarkan atlet dan officialnya dengan total atlet 6.495 atlet dan 3.300 official.

"Tahapan entry by name sudah selesai 1 Agustus, dan proses keabsahan atlet sudah mulai 23 Agustus. Lalu dilanjutkan dengan rangkaian delegate registration meeting dan CdM meeting yang akan dilaksanakan di Jayapura," ujar Marciano.

Baca juga: PCI Papua Gelar Bimbingan Teknis Panitia Pelaksana Cabor Cricket PON XX

Sedangkan untuk arena pertandingan, semuanya sudah siap digunakan. Kecuali arena cabang olahraga paralayang dan rugby yang masih dalam tahap penyelesaian dan ditargetkan rampung akhir September.

Terkait upacara pembukaan, hingga kini, masih terus dipersiapkan oleh penyelengara acara (EO) berkooordinasi langsung dengan KONI Pusat, PB PON dan pihak keamanan dari Polri TNI dan keamanan setempat.(OL-5)

BERITA TERKAIT