13 September 2021, 04:45 WIB

McLaren Finis Satu-Dua di GP Italia


Gregorius Gelino | Olahraga

PEMBALAP McLaren Daniel Ricciardo berhasil menjuarai GP Italia Formula 1, Minggu (12/9). Rekan setimnya, Lando Norris, finis di posisi kedua dan semakin menegaskan dominasi McLaren.

Sementara itu, posisi tiga direbut oleh Valtteri Bottas. Hasil itu sangat luar biasa mengingat pembalap Mercedes itu memulai balapan dari posisi ke-19.

Balapan berlangsung sengit sejak awal. Ricciardo, yang memulai balapan dari posisi kedua, berhasil merebut posisi terdepan dari Max Verstappen pada awal balapan.

Baca juga: Sebabkan Tabrakan dengan Hamilton, Verstappen Diganjar Penalti

Hingga lap kelima, Ricciardo masih memimpin balapan dengan Verstappen berada tepat di belakangnya. Sedangkan Norris berada di posisi keempat, diikuti Lewis Hamilton di posisi keempat, dan Charles Leclerc berada di posisi kelima.

Sementara itu, persaingan tidak kalah sengit terjadi pada perebutan posisi enam antara Carlos Sainz dan Sergio Perez. Perez akhirnya berhasil menyalip Sainz dan merebut posisi keenam.

Sedangkan Bottas, yang berada di belakang bekerja keras untuk kembali ke depan. Ia berhasil memasuki posisi 10 besar pada lap ke-13.

Memasuki lap ke-21, Ricciardo masih belum terkejar meski Verstappen terus memangkas selisih waktu dengan rivalnya itu. Namun, Ricciardo harus berada di posisi ketujuh pada lap ke-22 karena memutuskan masuk pit.

Pada lap ke-23, giliran Verstappen yang masuk pit. Tapi terjadi kesalahan oleh crew Red Bull dan butuh 11,1 detik baginya untuk melakukan pit sehingga Verstappen kembali ke trek di posisi 10.

Balapan Verstappen harus berakhir pada lap ke-26. Ia bertabrakan dengan Hamilton pada tikungan kedua yang juga membuat Verstappen gagal melanjutkan balapan.

Akibat tabrakan tersebut, safety car harus diluncurkan pada lap ke-30. Restart dilakukan pada lap ke-31 dan Norris berhasil mengambil alih posisi kedua dari tangan Leclerc.

Sementara itu, Bottas semakin melaju dan berhasil mengambil posisi keempat dari genggaman Leclerc pada lap ke-34. Namun, pembalap Finlandia itu belum mampu menyalip Perez di posisi ketiga.

Di sisi lain, Perez dijatuhkan hukuman penalti lima detik akibat meninggalkan trek dan meraih keuntungan pada tikungan kelima. Penalti tersebut diterapkan setelah balapan berakhir.

Ricciardo praktis tidak menemukan kesulitan untuk mengamankan posisi terdepan hingga balapan berakhir. Sedangkan Norris berhasil mengamankan posisi kedua dan Bottas melengkapi podium di peringkat tiga. (OL-1)

BERITA TERKAIT