10 September 2021, 15:25 WIB

Laga Final AS Terbuka Diwarnai Dua Petenis Muda Nonunggulan


Ilham Ananditya | Olahraga

PETENIS asal Inggris, Emma Raducanu, menutup laga semifinal AS Terbuka 2021 dengan kemenangan dari petenis Yunani Maria Sakkari pada Jumat (10/9) pagi WIB.

Dominasi Raducanu menutup langkah Sakkari dalam 85 menit permainan dua set, dengan skor 6-1 dan 6-6 di Flushing Meadows, New York.

Momen penting terjadi di awal pertandingan, saat Sakkari meraih total tujuh break point di dua servis gim pertama dari Raducanu. Namun, belum berhasil mengkonversi menjadi poin.

Baca juga: Leylah Fernandez Hentikan Langkah Angelique Kerber

Sebaliknya, Raducanu mematahkan servis Sakkari di gim servis pertamanya sebelum memimpin 5-0. Sakkari berjuang untuk bertahan dalam break poin dari Raducanu. Dia berhasil menahan dua servis untuk sementara 5-3, namun harus mengakui kekalahannya dari Raducanu di set kedua dengan 6-4 dalam waktu 48 menit.

Raducanu akan menghadapi petenis nonunggulan asal Kanada, Leylah Fernandez, untuk berlaga di ajang final utama di Arthur Ashe Stadium pada Sabtu (12/9) dini hari WIB. Laga final pemain muda kali ini seperti mengulang sejarah pada 1999, ketika Serena Williams, yang kala itu berusia 18 tahun, mengalahkan Martina Hingis dengan usia 19 tahun.

Baca juga: Raducanu Melaju ke Semifinal AS Terbuka

Perjalanan Raducanu hingga menjadikannya finalis termuda asal Inggris sejak 62 tahun lalu. Serta, perempuan Inggris pertama yang mencapai final turnamen besar dalam 44 tahun terakhir. "Sejujurnya saya tidak bisa percaya. Semua ini begitu mengejutkan dan gila," ungkap Raducanu.

Bermain dalam debut pertamanya di AS Terbuka, petenis kelahiran Toronto itu hampir tidak pernah kehilangan satu set pun dalam enam pertandingan. "Saya selalu bermimpi dapat bermain di Grand Slam, tetapi saya tidak tahu kapan waktu itu akan datang," jelas Raducanu.

Final AS Terbuka musim 2021 menjadi final besar pertama di ajang Turnamen Era Terbuka, yang menampilkan dua pemain nonunggulan, yaitu pemain peringkat ke-150 Raducanu dan pemain peringkat ke-73 Leylah Fernandez.(WTA/OL-11)

 

BERITA TERKAIT