08 September 2021, 06:22 WIB

Medvedev Melaju ke Semifinal AS Terbuka


Basuki Eka Purnama, Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

UNGGULAN kedua asal Rusia Daniil Medvedev melaju ke semifinal Amerika Serikat (AS) Terbuka untuk ketiga kalinya secara beruntun, Selasa (7/9) waktu setempat.

Medvedev, yang memburu gelar Grand Slam pertamanya, mengalahkan petenis peringkat 117 asal Belanda Botic Van de Zandschulp 6-3, 6-0, 4-6, dan 7-5 di Stadion Arthur Ashe.

"Semifinal lagi," ujar Medvedev. "Saya hanya ingin meraih lebih dibanding dua kesempatan sebelumnya meski hal itu pastinya berat."

Baca juga: Kalahkan Rogers, Raducanu Melaju ke Perempat Final AS Terbuka

Petenis berusia 25 tahun itu merupakan runner-up AS Terbuka 2019 dan di Australia Terbuka tahun ini, setelah kalah dari unggulan teratas Novak Djokovic, yang tengah berusaha menjadi petenis putra pertama memenangkan seluruh gelar Grand Slam dalam satu tahun setelah Rod Laver pada 1969.

Di semifinal, Medvedev akan berhadapan dengan pemenang laga antara petenis peringkat 55 dunia asal Spanyol Carlos Alcaraz yang berusia 18 tahun dan petenis 21 tahun asal Kanada Felix Auger-Aliassime, yang merupakan unggulan ke-12.

"Melawan Felix atau Carlos saya rasa akan menjadi laga yang menarik," kata Medvedev.

Alcaraz, yang menyingkirkan unggulan ketiga asal Yunani Stefanos Tsitsipas di putaran ketiga, berpeluang menjadi semifinal AS Terbuka termuda sejak 1960 dan termuda di turnamen Grand Slam sejak Michael Chang menjuarai Prancis Terbuka 1989 di usia 17 tahun.

Alcaraz juga berpeluang menjadi petenis putra pertama yang mencapai semifinal AS Terbuka dalam penampilan debutnya sejak Eric Sturgess pada 1948. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT