07 September 2021, 19:08 WIB

Tour de Singkarak 2021 Batal Digelar


Yose Hendra | Olahraga

EVENT balap sepeda internasional, Tour de Singkarak (TdS) 2021 batal  digelar. Hal itu disebabkan Satuan Tugas Covid-19 tidak memberikan rekomendasi izin  pelaksanaan.

"Jadi tadi kami berdasarkan hasil rapat Satgas Covid-19 telah memutuskan TdS 2021 kita batalkan, dan setelahnya Dinas Pariwisata menindaklanjuti keputusan itu," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal, Selasa (21/9).

Sebelumnya, kata Jasman, Dinas Pariwisata Sumbar telah mengajukan izin untuk pelaksanaan TdS 2021. Menurutnya, pembatalan TdS 2021 ini sesuai dengan masukan dari berbagai pihak termasuk masyarakat, organisasi, pakar, dan sebagainya. Salah satu alasan pembatakan itu karena pandemi Covid-19 masih melanda Tanah Air termasuk Sumbar.

"Dengan berat hati, kita tahu ini banyak peminatnya, karena ini bagian salah satu ikon dari pariwisata Sumbar, tapi karena menyangkut masalah kesehatan masyarakat," katanya.

Dia melanjutkan, secara psikologi masyarakat dinilai juga belum siap. Kemudian juga banyak kabupaten dan kota yang tidak bisa ikut. Ini juga menjadi pertimbangan yang membuat TdS 2021 dibatalkan.

Dinas Pariwisata (Dispar) Sumatera Barat (Sumbar) menindaklanjuti keputusan Satgas Covid-19 yang merekomendasikan pembatalan TdS 2021. Kepala Dispar Sumbar Novrial mengatakan, pihaknya menindaklanjuti dengan memberitahukan dan minta rekomendasi lewat surat resmi kepada Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf).

Ia menambahkan, lewat PB ISSI, pembatalan ini akan diteruskan kepada  federasi balap sepeda internasional (UCI). "Nanti akan diumumkan di website resmi mereka dan diteruskan informasi kepada negara-negara yang sebelumnya sudah menyatakan minat ikut TdS 2021," tukas Novrial. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT