06 September 2021, 17:26 WIB

Angkie Yudistia: Atlet Indonesia yang Berlaga di Paralimpiade Luar Biasa


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

STAF Khusus Presiden RI, Angkie Yudistia, menyampaikan apresiasi serta kekagumannya terhadap prestasi atlet disabilitas yang berjuang di Paralimpiade Tokyo 2020. 

Menurutnya, para atlet disabilitas mampu membanggakan bangsa Indonesia dengan cara yang luar biasa. "Ini menunjukkan atlet disabilitas Indonesia memiliki kemampuan untuk berkontribusi, serta membanggakan negara dengan cara yang luar biasa hebat," ujar Angkie melalui keterangan resmi, Senin (6/9).

Baca juga: Presiden akan Berikan Bonus kepada Atlet Peraih Medali Paralimpiade

Pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020, Indonesia berhasil mengumpulkan sembilan medali, yakni dua medali emas, tiga perak, serta empat perunggu. Angkie menilai capaian tersebut merupakan prestasi luar biasa, setelah pada Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia juga meraih lima medali.

Angkie mengakui sejak awal rutin menyaksikan perjuangan sesama disabilitas di berbagai cabang olahraga dalam Paralimpiade Tokyo 2020. Salah satu yang diikuti ialah Leani Ratri Oktila, yang mampu menyumbangkan dua emas dan satu perak di cabang para-bulutangkis.

Dia merasa sangat bangga terhadap atlet disabilitas yang berhasil mengharumkan nama bangsa dan membuat lagu Indonesia Raya berkumandang. "Besar keinginan untuk bertemu degan pahwalan bangsa setibanya di Tanah Air. Untuk saling berbagi cerita dan menyemangati disabilitas lainnya," pungkas Angkie.

Baca juga: Video Call dengan Atlet Peraih Emas Paralimpiade, Presiden: Sangat Membanggakan

Setelah berakhirnya Paralimpiade Tokyo 2020, Indonesia diketahui berada pada posisi 43 dari total 78 negara peserta. Angkie menyambut positif raihan tersebut dan berharap prestasi Indonesia pada Paralimpiade Paris 2024 akan lebih baik.

"Ini sangat membanggakan, karena jumlah medali kita di Paralimpiade semakin meningkat, setelah Olimpiade kemarin. Bahkan, kita memeroleh dua medali emas selepas 41 tahun keikutsertaan di Paralimpiade," tuturnya.(OL-11)


 

BERITA TERKAIT