06 September 2021, 14:35 WIB

Ashleigh Barty Kalah dari Shelby Rogers di Babak 16 Besar AS Terbuka


Ilham Ananditya |

PETENIS unggulan pertama Ashleigh Barty mengalami kekalahan di babak 16 besar ajang AS Terbuka yang berlangsung di Arthur Ashe Stadium, Minggu (5/9) pagi WIB.

Nyatanya, pemegang juara dua kali ajang Grand Slam Ash Barty dikalahkan oleh petenis non-unggulan Shelby Rogers asal AS dalam permainan tiga set 2-6, 6-1, dan 6-7 (5-7).

Terdapat 22 petenis perempuan yang diundi pada awal AS Terbuka dan Rogers menjadi yang berhasil menembus babak 16 besar.

Permainan selama dua jam 11 menit mereka tempuh hingga tiebreak set ketiga yang dramatis. Petenis AS berusia 28 tahun itu akhirnya berhasil keluar dengan kemenangan penuh.

Di set awal, Rogers berhasil merebut poin, sementara Barty baru mampu mengambil permainan di set kedua. Ketika Rogers tertinggal 5-2 di set terakhir, ia mampun mengambil poin demi poin ditambah sorak sorai penonton tribun. Ketika poin terakhir dari pertandingan 6-1, 2-6, 7-6 (7-5), Rogers pun merasa gembira sembari melambaikan tangan ke arah penonton menunjukkan rasa terima kasih atas dukungannya.

"Saya tercengang, jantung saya masih berdegup kencang. Saya sangat senang dengan kemenangan itu," kata Rogers.

Baca juga:  Barty Tegaskan Lolos ke Putaran Ketiga AS Terbuka karena Kerja Keras

Dapat dikatakan kehadiran Rogers yang berhasil mencapai babak delapan besar mewakili absennya pemain wanita top Amerika, seperti Serena Williams, Sofia Kenin dan Jennifer Brady yang tidak dapat bermain di AS Terbuka karena cedera dan sakit.

Hal ini bukan tidak terduga, setelah pulih dari istirahat lima bulan karena pandemi, Rogers bahkan sempat mengalahkan Serena Williams di turnamen pertamanya sejak kembali dan kemudian mencapai perempat final pertamanya di AS Terbuka 2020.

Delapan penampilan sebelumnya, mengalahkan unggulan keenam Petra Kvitova di babak keempat AS Terbuka. Namun harus kalah dari Naomi Osaka di perempat final, dan pengalamannya itu memberi kepercayaan diri yang baru.

Rogers telah bertemu Barty sebanyak empat kali musim ini di ajang Madrid (Spanyol), Charleston (AS), Australia Terbuka, Melbourne Classic (Australia), dan selalu alami kekalahan.

Kemenangan Rogers kali ini tentunya memberikan dirinya peluang untuk bisa menang lagi terhadap Barty untuk pertemuan mereka selanjutnya.

Walaupun Barty kecewa dengan hasil di AS Terbuka kali ini, namun keduanya masih sempat berbagi pelukan hangat di akhir pertandingan. Bahkan menyapa dengan ramah saat Barty meninggalkan konferensi persnya dan Rogers yang datang untuk gantian berbicara.

"Menyedihkan bahwa dalam olahraga bahkan tenis tetap ada namanya menang dan kalah, tetapi terkadang Anda juga merasa bahwa kalah darinya juga tidak terlalu mengecewakan," jelas Barty.

Rogers selanjutnya akan menghadapi pemain sensasional berusia 18 tahun Emma Raducanu pada Selasa (7/9) dini hari WIB di babak delapan besar.(ESPN/OL-5)

BERITA TERKAIT