04 September 2021, 11:07 WIB

Hempaskan Tsitsipas, Petenis Muda Spanyol Buat Kejutan di AS Terbuka


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PETENIS muda Spanyol Carlos Alcaraz membuat kejutan besar di lapangan keras Amerika Serikat (AS) Terbuka 2021, dengan berhasil menghempaskan unggulan ketiga Stefanos Tsitsipas, Sabtu (4/9) WIB.

Bertarung ketat di Stadion Arthur Ashe, New York, Alcaraz membutuhkan waktu 4 jam 6 menit untuk menghentikan perlawanan Tsitsipas dengan skor kemenangan 6-3, 4-6, 7-6 (7-2), 0-6, dan 7-6 (7-5).

Kemenangan Alcaraz atas Tsitsipas menjadikan petenis berusia 18 tahun itu menjadi pemain termuda yang mencapai putaran keempat AS Terbuka sejak 1992. 

Baca juga: Osaka Tersingkir di Putaran Ketiga AS Terbuka

Alcaraz juga tercatat sebagai petenis termuda yang mengalahkan petenis top 3 di turnamen Grand Slam sejak Michael Chang, 17, yang mengalahkan petenis peringkat satu dunia Ivan Lendl di Roland Garros pada 1989.

"Saya pikir tanpa semangat yang diberikan penonton, saya tidak akan memiliki kemungkinan untuk memenangkan pertandingan ini," kata Alcaraz usai pertandingan, Sabtu (4/9).

Sepanjang pertandingan, sebagian besar penonton yang memadati tribun terlihat memberikan semangat untuk Alcaraz dengan meneriakan namanya, tidak sedikit pula penonton yang memberikan tepukan saat petenis Spanyol itu mencetak poin.

"Saya mengalami kemunduran drastis pada set keempat dan penonton memberi saya dorongan untuk terus maju. Saya ingin berterima kasih atas dorongan itu, ini adalah perasaan yang luar biasa bagi saya," sebutnya.

Sepanjang musim ini, Alcaraz telah merebut gelar tingkat tur pertamanya di Umag Kroasia dan mencapai empat besar di Winston-Salem. 

Dia mengatakan kemenangan atas Tsitsipas adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan.

"Kemenangan ini sangat berarti bagi saya. Ini adalah pertandingan terbaik dalam karir saya. Mengalahkan Stefanos Tsitsipas adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan," jelasnya.

Atas hasil tersebut, selanjutnya, Alcaraz akan berhadapan dengan petenis Jerman Peter Gojowczyk di babak 16 besar. 

Gojowczyk melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan petenis Swiss Henri Laaksonen dengan skor kemenangan 3-6, 6-3, 6-1, dan 6-4. (ATPtour/OL-1)

BERITA TERKAIT