29 August 2021, 13:49 WIB

Bupati Jayapura: PON akan Beri Informasi kepada Dunia bahwa NKRI Utuh


denny parsaulian | Olahraga

Bupati Jayapura Mathius Amoitauw mengajak komponen adat setempat untuk mendukung berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional XX 2021 yang akan digelar November mendatang. Menurut Bupati, begitulah seharusnya tuan rumah yang baik.

“Di Kabupaten Jayapura ini, kita sudah dorong komponen adat. Komponen adat berada di depan. Dalam kerangka itulah, apapun yang terjadi di PON ini tanah ini, kitalah yang sesungguhnya yang menentukan, sebagai tuan rumah yang baik,’’ kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat bertemu komponen adat Jayapura.

Menurut Bupati Mathius, pada PON ini, Negara sangat berkepentingan. Karena PON ini akan memberi informasi kepada dunia dan siapapun bahwa NKRI tetap utuh.

‘’Media massa selalu memberitakan Papua dalam konflik dan selalu negatif terhadap keberadaan kita di sini. Nah karena itu, momentum besok, kita tentukan bahwa Papua tidak seperti itu,’’ kata Bupati Mahius.

Menurut Bupati, agenda PON ini penting bahwa apa yang diipahami orang di luar sana, yang negatif, itu tidak seperti itu sebenarnya. ‘’Kita ini orang-orang beradab, kita punya budaya, kita punya adat yang dihargai,’’ imbuhnya.

Dengan PON ini, tambah Bupati Mathius, jatidiri Papua ditentukan untuk bangsa ini.  Dari perisitiwa ini, kata Bupati, sejarah akan mencatat bahwa Papua seperti ini.  ‘’Orang dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri akan melihat Papua yang sebenarnya. Kita punya budaya, yang terjadi di mana-mana akhir-akhir ini, itu bukan kita. Mencoreng harkat dan martabat kita.’’ (OL-10)

 

 

BERITA TERKAIT