27 August 2021, 19:52 WIB

Saptoyogo Purnomo Sabet Medali Perunggu Paralimpiade 2020 Tokyo


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

ATLET para atletik Indonesia Saptoyogo Purnomo berhasil menyumbangkan medali perunggu untuk Indonesia diParalimpide Tokyo 2020 Jumat (27/8). Tampil di babak final cabang para atletik nomor 100m putra katagori T37 di Stadion Olimpiade Tokyo, Saptoyoga tampil luar biasa dan finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 11,31 detik.

Pelari asal Amerika Serikat Nick Mayhugh berhak atas medali emas dengan catatan waktu 10,95 detik. Capaian itu sekaligus memecahkan rekor dunia milikinya sendiri 10,97 detik yang ia torehkan di babak kualifikasi pagi tadi.

Adapun atlet Komite Paralimpiade Rusia (RPC) Andrei Vdovin menjadi yang tercepat kedua dengan catatan waktu 11,18 detik, dan meraih medali perak. Pencapaian yang ditorehkan Sapto di babak final ini lebih cepat 0,02 detik dari pencapaiannya di babak kualifikasi pagi tadi. Hasil itu juga lebih baik jika dibandingkan catatan waktunya di World Championship di Dubai pada 2019 lalu yang berada di angka 11.41 detik.

Adapun atas keberhasilan tersebut, ini menjadi medali kedua bagi tim Paralimpiade Indonesia. Sebelumnya Lifter Ni Nengah Widiasih menyumbangkan medali pertama untuk Indonesia di Paralimpiade 2020 Tokyo.

Turun di kelas 41kg, perempuan yang akrab disapa Widi itu merebut medali perak setelah membukukan angkatan 98 kg. Merujuk daftar medali pada Jumat (27/8) pukul 19.00 WIB, posisi Indonesia setara dengan Romania yang juga mengemas satu perak dan satu perunggu.

Sebelumnya kontingen Indonesia lebih dulu meraih perak di cabang olahraga angkat berat melalui perjuangan Ni Nengah Widiasih di kelas 41 kg putri. Untuk sementara China masih memimpin daftar perolehan medali dengan 20 emas, 11 perak, dan 14 perunggu.

Sementara peringkat kedua ditempati Inggris Raya dengan sembilan emas, sembilan perak, dan sembilan perunggu. Russia Paralympic Committee menduduki peringkat ketiga dengan sembilan emas, tujuh perak, dan 10 perunggu. (Paralympic.org/OL-8)





 

 

BERITA TERKAIT