06 August 2021, 16:11 WIB

Menpora Cari Atlet Baru Lewat Pantauan Big Data


Ilham Ananditya | Olahraga

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan upaya pemerintah dalam melakukan regerenasi atlet. Salah satunya, dengan memantau perkembangan data digital, yaitu big data.

Hal itu bagian dari desain besar olahraga nasional, yang menjadikan Olimpiade sebagai sasaran utama. "Kami bekerja sama dengan satu lembaga yang memiliki big data untuk memantau talenta atlet di seluruh Indonesia, serta membuat sentra pembinaan," ujar Zainudin dalam program Metro TV, Jumat (6/8).

Baca juga: Wapres Ucapkan Terima Kasih pada Kontingen Olimpiade Indonesia

Pemerintah dikatakannya gencar mencari atlet muda berbakat di berbagai daerah, yang kemungkinan tidak terpantau karena keterbatasan jangkauan. Selain menempatkan Olimpiade sebagai sasaran utama dalam desain besar olahraga nasional, pemerintah juga menempatkan Asian Games dan SEA Games sebagai sasaran antara.

Berangkat dari hal tersebut, Kemenpora kemudian lebih spesifik kepada cabang olahraga unggulan yang berpotensi menghasilkan prestasi dan medali. Sebagian atlet yang berlaga di Olimpiade, merupakan hasil dari pembinaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Kemenpora di beberapa provinsi dan klub yang juga memantau perkembangan calon atlet.

Baca juga: Regenerasi Atlet Angkat Besi Disebut Masih Aman

"Kita persiapkan para atlet ini sejak usia dini. Setelah itu, akan kita tampung dalam satu training camp untuk menjadi atlet junior. Lalu, menjadi atlet nasional yang siap diterjunkan pada laga internasional, seperti Olimpiade," jelas Zainudin.

Ke depan, pemerintah akan memperluas basis cabang olahraga. Menurut Menpora, dengan selalu bertumpu pada cabang olahraga bulu tangkis dan angkat besi, dibutuhkan penguatan dan pembinaan. Mulai dari daerah sampai di tingkat nasional secara berjenjang, terstruktur dan masif.(Kemenpora/OL-11)


 

BERITA TERKAIT