03 August 2021, 18:00 WIB

Kembali Berkompetisi, Simone Biles Raih Perunggu di Olimpiade


Ilham Ananditya | Olahraga

SETELAH sempat mengundurkan diri karena alasan kesehatan mental dan akhirnya kembali dalam kompetisi final Olimpiade Tokyo 2020, atlet asal Amerika Serikat (AS) Simone Biles berhasil meraih perunggu dalam cabang olahraga senam artistik nomor balok keseimbangan putri.

Beberapa waktu lalu, nama bintang AS itu sempat mencuat karena mengalami kesehatan mental selama pesta olahraga akbar. Dirinya mengalami disorientasi diri, yang menjadi faktor utama terganggunya konsentrasi selama latihan.

Baca juga: Simone Biles Putuskan Ikut Kompetisi di Olimpiade Tokyo

"Untuk siapa pun yang mengatakan saya berhenti, saya tidak berhenti. Pikiran dan tubuh saya hanya sedang tidak sinkron," tulisnya di laman Instagram terkait spekulasi bahwa dirinya akan pensiun.

Sebelumnya, Biles sempat tampil dalam kompetisi balok keseimbangan pada Minggu (25/7) lalu. Dia pun lolos ke babak final. Laporan dari tim gymnatics AS menyebut juara Olimpiade empat kali itu, dikonfirmasi kembali berkompetisi lagi.

Dia pun akhirnya meraih poin 14.000 dan berhasil meraih medali perunggu. Wakil AS lainnya, Sunisa Lee, hanya mampu memperoleh poin 13.866 dan menempati peringkat kelima.

Baca juga: Mihambo Raih Emas Pertama di Ajang Olimpiade

Biles tidak mampu menyaingi dua atlet perwakilan Tiongkok, Chenchen Guan dan Xijing Tang, yang masing-masing menempati peringkat pertama dan kedua untuk mendapatkan medali emas serta perak.

Sementara, wakil tuan rumah Olimpiade, Urara Ashikawa, menempati peringkat enam dengan perolehan 13,733 poin.(Olympics/OL-11)
 

BERITA TERKAIT