03 August 2021, 13:10 WIB

Mihambo Raih Emas Pertama di Ajang Olimpiade


Ilham A | Olahraga

MALAIKA Mihambo sebagai perwakilan Jerman akhirnya meraih medali emas pertamanya dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020, untuk cabang atletik lompat jauh putri pada Selasa (3/8) pagi. Ini merupakan emas pertamanya untuk edisi Olimpiade.

Atlet lompat jauh berusia 27 tahun itu menambah koleksi emasnya. Sebelumnya, Mihambo sudah mengoleksi emas dari Kejuaraan Dunia di Doha 2019 dan Kejuaraan Eropa di Berlin 2018.

Dirinya berhasil lompat sejauh 7 meter pada upaya terakhirnya, setelah upaya keempat dan kelimanya mengalami kegagalan karena kaki Mihambo melebihi garis batas lompat jauh. Catatan ini merupakan catatan musim terbaiknya setelah pada kualifikasi Olimpiade dirinya mencatatkan lompatan sejauh 6,98 m.

Wakil Amerika Serikat Brittney Reese mengklaim perak, hanya selisih tipis dengan Mihambo yaitu 6,97 m. Medali perunggu dipegang oleh Ese Brume dari Nigeria dengan catatan yang sama dengan Reese namun dirinya memiliki batas lompat yang lebih jauh dari garis batas yaitu sejauh empat centimeter (cm), sedangkan Reese hanya 1 cm dari garis batas.

Baca juga: Mihambo Persembahkan Emas Lompat Jauh untuk Jerman

Brumme sebelumnya sempat memimpin di awal babak final dengan lompatan 6,97 di upaya pertamanya. Sedangkan Reese kembali menyusul dengan catatan yang sama namun menang dominasi jarak sentuhan kaki ke garis batas lompat jauh.

Atlet asal Serbia Ivana Spanovic, peraih medali perunggu dari Olimpiade Rio 2016, hanya mampu menyelesaikan perolehan medali tertinggal 9 cm dari pemenang, dengan satu lompatan terbaiknya di upaya keduanya pada 6,91m.

Jazmin Sawyers dari Inggris finis di urutan kedelapan dengan lompatan 6,80 m dan rekan senegaranya, Abigail Irozuru di urutan ke-11 hanya mampu melompat 6,51 m.(Olympics/OL-5)

BERITA TERKAIT