01 August 2021, 11:29 WIB

Russell Westbrook Pulang ke Lakers


Lidya Tannia Bangguna | Olahraga

WASHINGTON Wizards mencuri perhatian di draft night NBA, ketika mereka melepaskan pemain all-star, Russell Westbrook, ke Los Angeles Lakers untuk mendapatkan tiga pemain dan draft pick dalam kesepakatan yang menciptakan fleksibilitas finansial yang signifikan.

Pada musim gugur sebelumnya, Wizards menukar point guard John Wall dengan Westbrook, yang sama mahalnya -- dimana nilai perdagangannya pada saat itu juga berada di titik terendah.

Ini adalah kedua kalinya dalam tiga tahun Lakers melakukan perdagangan offseason yang signifikan. Mereka mengakuisisi Anthony Davis dari New Orleans pada 2019 untuk Lonzo Ball, Brandon Ingram, Josh Hart, dan tiga draft pick putaran pertama.

Baca juga: Cade Cunningham Terdepan untuk Jadi Draft NBA Nomor 1 2021

Sekarang, Wizards telah setuju mengirim Westbrook dan dua pick putaran kedua ke Los Angeles Lakers untuk Kyle Kuzma, Montrezl Harrell, Kentavious Caldwell-Pope, dan draft pick putaran pertama.

Mantan pemain Bruin itu sekali lagi akan dapat memanggil Los Angeles sebagai rumah. Untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari setahun, Westbrook pindah, dan kali ini, dia pulang.

“Terima kasih DC! Anda menyambut keluarga saya dan saya dengan tangan terbuka sejak hari pertama,” tulis Westbrook di media sosialnya.

“Semua orang dari kantor depan, hingga staf pelatihan, pelatih, rekan satu tim saya, dan para penggemar. Saya bersyukur Anda semua mengambil kesempatan pada saya dan mendukung saya di setiap langkah. Saya diberkati telah menjadi bagian dari organisasi stand up seperti itu. Tidak butuh waktu lama untuk membuat rumah di DC, dan saya akan selamanya bersyukur dan menghargai pengalaman saya dengan organisasi. Terima kasih!"

Lakers akan menjadi tim berbeda keempat Westbrook dalam beberapa tahun setelah menghabiskan 11 musim pertamanya bersama Oklahoma City Thunder.

Playmaker berusia 32 tahun itu baru saja menyelesaikan musim keempat kariernya dengan rata-rata triple-double, prestasi yang hanya dicapai  Hall of Famer Oscar Robertson sebelumnya.

Westbrook, yang berusia 32 tahun, direkrut Thunder pada 2008 dan menghabiskan 11 musim pertamanya bersama klub tersebut. Dia dilepaskan ke Houston Rockets pada 2019 dan kemudian diambil Wizards, musim lalu.

Dalam satu-satunya musim bersama Wizards, ia mencetak rata-rata triple-double (22,2 poin, 11,5 rebound, dan 11,7 assist) untuk keempat kalinya dalam 13 tahun kariernya.

Dia mencetak 38 triple-double dalam 65 pertandingan musim reguler saat Wizards mencapai babak playoff untuk pertama kalinya sejak 2018.

Westbrook akan bekerja sama dengan LeBron James dan Davis untuk membentuk trio yang memiliki 34 penampilan All-Star gabungan.

Lakers berharap kekuatan bintang seperti itu akan cukup bagi mereka untuk pulih dari musim 2020-21 yang penuh cedera, yang membuat James dan Davis melewatkan 63 pertandingan musim reguler gabungan.

Westbrook adalah pemimpin karier liga dalam triple-double dengan 184 dan memberi Lakers playmaker lain untuk dipasangkan dengan James dan Davis. (OL-1)

BERITA TERKAIT