31 July 2021, 09:33 WIB

Lolos ke Final, Greysia/Apriyani Selangkah Lagi Cetak Sejarah


Akmal Fauzi | Olahraga

GANDA putri andalan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu melaju ke babak final Olimpiade 2020 Tokyo usai mengalahkan ganda putri Korea Selatan, Lee So-hee/Shin Seung-chan. Mereka berpeluang menjadi ganda putri Indonesia pertama yang meraih medali emas pesta olahraga sejagat itu.

Berlangsung di Musashino Sports Plaza, Sabtu (31/7) pagi, Greysia/Apriyani mengalahkan lawan pasangan 'Negeri Ginseng' dengan dengan skor 21-19 dan 21-17.

Kedua pasangan bertarung sengit sejak awal. Skor juga sangat ketat, 0-2, 2-3, 4-5, 7-9, sebelum akhirnya pasangan Korea unggul 11-8 di interval gim pertama.

Setelah jeda, Greysia/Apriyani bangkit dan langsung meraih lima angka untuk berbalik memimpin 13-11. Perebutan angka di poin krusial berlangsung dalam reli panjang  melelahkan sebelum akhirnya Greysia/Apriyani menutup gim ini dengan keunggulan 21-19.

Set kedua juga ketat sejak awal. Delapan poin pertama dibagi kedua pasangan di skor 4-4. Setelah itu, mereka kembali berbagi angka untuk skor 5-5. Reli panjang terus berlanjut sebelum kedua pasangan memasuki interval kedua dengan skor 11-10 untuk keunggulan Lee/Shin.

Greysia/Apriyani berbalik memimpin dengan mengandalkan penempatan bola dan smes keras 15-14. Greysia/Apriyani akhirnya lolos ke babak final setelah menang dengan skor 21-17 setelah bola dorongan Greysia tidak bisa dikembalikan Seung.

Ini menjadi laga final pertama dari sektor ganda putri Tanah Air dan menjadi sejarah bulutangkis Indonesia di Olimpiade.

Lolosnya Greysia/Apriyani membuat mereka selangkah lagi mengukir sejarah baru dalam sejarah bulutangkis Indonesia di Olimpiade.

Sektor ganda putri saat ini masih menjadi satu-satunya nomor yang belum pernah menyumbangkan medali emas Indonesia di bulutangkis Olimpiade. (Mal/OL-09)

BERITA TERKAIT