30 July 2021, 19:12 WIB

Mimpi Djokovic Raih Golden Slam Digagalkan Zverev


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PERJALANAN petenis Serbia Novak Djokovic untuk merebut gelar Golden Slam secara dramatis diakhiri oleh petenis Jerman Alexander Zverev. Setelah keduanya bertarung dalam babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020.

Berlaga di Ariake Tennis Centre, Tokyo, Jepang, petenis peringkat satu dunia itu tumbang dalam pertandingan tiga set dengan skor akhir 6-1, 3-6, 1-6. Kondisi itu membuat Zverev berhak atas satu tempat di babak final.

Kegagalan itu memperpanjang catatan buruk Djokovic di nomor tunggal Olimpiade. Petenis berusia 34 tahun belum pernah memenangkan medali emas Olimpiade untuk nomor tunggal. Dia pun harus kembali menunggu hingga Paris 2024.

Baca juga: Petenis Rusia Khachanov Melaju ke Babak Final Olimpiade

Bintang Serbia yang tampil gemilang di tiga turnamen Grand Slam musim 2021, harus mengubur impiannya untuk menyamai rekor legenda tenis Steffi Graf, yang mencapai Golden Slam pada 1988.

Pencapain terbaik Djokovic di Olimpiade pada nomor tunggal, yakni saat dirinya meraih mendali perunggu pada 2008 di Beijing. Sementara itu, Djokovic gagal di semifinal Olimpiade London 2012, saat melawan Andy Murray. Lalu, dia juga kalah dari Juan Martin del Potro di Olimpiade Rio 2016.

Baca juga: Naomi Osaka Tersingkir di Babak Ketiga Olimpiade Tokyo

Meski Djokovic gagal mencapai gelar Golden Slam, namun dia masih memiliki peluang untuk mengamankan seluruh gelar Grand Slam dalam satu musim. Djokovic siap memperebutkan gelar Grand Slam terakhir untuk musim ini. Dia menyasar Amerika Serikat Terbuka yang dijadwalkan berlangsung September mendatang.

Djokovic masih berpeluang untuk merebut medali perunggu kedua di Olimpiade nomor tunggal. Dia akan menghdapi petenis asal Spanyol Pablo Carreno Busta. Adapun Zverev yang melaju ke babak final Olimpade Tokyo, akan menghadapi petenis Rusia Karen Khachanov.(AFP/OL-11)

BERITA TERKAIT