22 July 2021, 07:09 WIB

Mercedes Bersikeras Hamilton tidak Bersalah dalam Insiden Tabrakan dengan Verstappen


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AKSI Lewis Hamilton di lap pertama GP Inggris yang menyebabkan Max Verstappen keluar jalur dan tidak bisa melanjutkan lomba dilakukan selaras dengan aturan overtaking. Hal itu ditegaskan tim Formula 1 Mercedes, Rabu (21/7).

Verstappen menuding juara Formula 1 tujuh kali itu berperilaku berbahaya, tidak hormat, dan tidak sportif selepas tabrakan keduanya di Sirkuit Silverstone, Minggu (18/7).

Pembalap Red Bull itu terpaksa tidak bisa melanjutkan balapan sementara Hamilton menjuarai GP Inggris untuk memangkas keunggulan pembalap Belanda itu di klasemen pembalap dari 33 poin menjadi hanya delapan.

Baca juga: MotoGP Thailand 2021 Dibatalkan

"Sejauh pengetahuan kami, manuver yang dilakukan Lewis telah sejalan dengan aturan overtaking FIA," tegas Kepala Teknis Mercedes James Allison.

Hamilton telah diganjar penalti 10 detik terkait insiden itu.

"Lewis berada di sisi Verstappen dan bagian depan mobilnya telah melebihi separuh dari mobil Verstappen," kata Allison.

"Berdasarkan aturan, Anda harus berada sejajar dengan pembalap yang akan Anda lewati dan Anda harus bisa menikung. Dengan berhasil menikung berarti Anda bisa melewati pembalap lawan tanpa keluar jalur atau kehilangan kendali mobil. Jika itu yang terjadi, Anda berhak melewati pembalap lawan," paparnya.

Allison menambahkan, "Saya merasa penalti untuk Hamilton terlalu berlebihan. Pasalnya, dia melakukan overtaking sesuai aturan. Saya merasa dia tidak melanggar aturan." (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT