22 July 2021, 06:13 WIB

Guinea Mundur dari Olimpiade Tokyo karena Covid-19


Basuki Eka Purnama | Olahraga

GUINEA batal ambil bagian dalam Olimpiade Tokyo karena pandemi covid-19. Hal itu diungkapkan negara Afrika Barat itu, Rabu (21/7).

Namun, sumber dari pemerintahan Guinea mengatakan keputusan untuk tidak mengirimkan kontingen yang terdiri dari lima atlet itu adalah karena masalah finansial.

"Karena munculnya varian baru covid-19, pemerintah, yang khawatir dengan kesehatan para atlet Guinea, memutuskan untuk membatalkan keikutsertaan kami di Olimpiade Tokyo," ungkap Menteri Olahraga Guinea Sanoussy Banyama Sow dalam surat kepada Presiden Komite Olimpiade Guinea.

Baca juga: Usain Bolt PeDe Rekornya Tak Terpercahkan di Olimpiade Tokyo

Namun, sumber dari pemerintah Guinea mengatakan keputusan yang diambil hanya dua hari sebelum upacara pembukaan Olimpiade Tokyo itu adalah karena pemerintah tidak bisa membiayai keberangkatan kontingen ke Jepang.

Media Guinea juga menyebut hal itu adalah karena masalah finansial dan bukan karena covid-19.

Guinea, selama 11 kali ambil bagian di Olimpiade, belum pernah meraih satu medali pun.

Kelima atlet Guinea yang seharusnya tampil di Olimpiade Tokyo adalah Fatoumata Yarie Camara (gulat gaya bebas), Mamadou Samba Bah (judo), Fatoumata Lamarana Toure and Mamadou Tahirou Bah (renang), and Aissata Deen Conte (atletik, lari 100 meter putri).

Sebelumnya, Korea Utara, April lalu, mengumumkan akan absen di Olimpiade Tokyo untuk melindungi atlet mereka dari covid-19. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT