22 July 2021, 05:52 WIB

AS Terbuka Umumkan Daftar Peserta, Ada Nama Federer dan Osaka


Basuki Eka Purnama | Olahraga

JUARA bertahan Naomi Osaka, yang mengundurkan diri dari Prancis Terbuka karena masalah mental dan kemudian absen di Wimbledon, serta Roger Federer, yang memutuskan tidak tampil di Olimpiade, karena cedera lutut, Rabu (21/7), masuk dalam daftar pemain yang akan tampil di Amerika Serikat (AS) Terbuka.

Asosiasi Tenis AS mengumumkan daftar petenis putra dan putri yang akan ambil bagian dalam turnamen Grand Slam di Flushing Meadows itu, 30 Agustus-12 September mendatang itu.

Sebanyak 103 petenis putra akan ambil bagian dalam turnamen tenis di New York itu dengan petenis peringat satu dunia Novak Djokovic berusaha memenangkan seluruh gelar Grand Slam yang diperebutkan dalam satu tahun setelah dia menyamai rekor Federer dan Rafael Nadal kala memenangkan gelar Grand Slamnya yang ke-20 di Wimbledon.

Baca juga: Kejar Golden Slam, Djokovic Jajal Venue Olimpiade

Hanya Rod Laver, pada 1962 dan 1969, yang berhasil memenangkan semua gelar Grand Slam dalam satu tahun.

Djokovic, yang juga akan berlaga di Olimpiade Tokyo, berpeluang menjadi petenis kedua sepanjang sejarah yang berhasil mengawinkan medali emas Olimpiade dengan seluruh gelar Grand Slam menyusul Stefi Graff pada 1988.

Petenis putra lain yang akan ambil bagian di AS Terbuka adalah juara bertahan Dominic Thiem, mantan juara Stan Wawrinka dan Marin Cilic, peringkat dua dunia Daniil Medvedev, dan peringkat tiga dunia Stefanos Tsitsipas.

Di nomor putri, petenis peringkat satu dunia Ashleigh Barty, yang memenangkan gelar Grand Slam keduanya di Wimledon, dipastikan ambil bagian.

Selain itu ada petenis peringkat empat dunia Sofia Kenin, juara AS Terbuka 2019 Bianca Andreescu, peringkat delapan dunia Iga Swiatek, dan dua mantan peringkat satu dunia Garbine Muguruza dan Simona Halep. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT