21 July 2021, 21:30 WIB

Dua Pesepakbola Putri Brasil Cetak Sejarah Olimpiade


Widhoroso | Olahraga

LEGENDA sepakbola putri Brasil, Marta menorehkan rekor sebagai pemain pertama dalam sejarah yang mencetak gol dalam lima Olimpiade berturut-turut. Rekor tersebut dibubukan Marta yang mengemas dua gol saat membawa Brasil menang 5-0 atas Tiongkor pada laga pertama penyisihan Grup F di Stadion Miyagi, Rabu (21/7).

Marta melakoni debut Olimpiade pada edisi 2004 di Athena, Yunani. Striker berusia 35 tahun itu kemudian tidak berhenti mencetak gol pada Olimpiade Beijing 2008, London 2012, dan Rio 2016.

Namun, Marta belum pernah mengantarkan Brasil meraih medali emas Olimpiade. Tercatat, ia dua kali mendapatkan medali perak tepatnya pada edisi 2004 dan 2008.

Sementara itu rekan setim Marta, Formiga, yang juga menjadi starter dalam laga kontra Tiongkok membukukan catatan yang tidak kalah impresif. Gelandang berusia 43 tahun itu memecahkan rekor sebagai pemain tertua dalam sejarah cabang olahraga sepakbola di Olimpiade!

Formiga menjalani debut di Olimpiade Atlanta, Amerika Serikat pada 1996. Ia sekaligus menjadi atlet Brasil pertama yang berkompetisi dalam tujuh edisi ajang olahraga empat tahunan paling prestisius di dunia tersebut. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT