21 July 2021, 18:50 WIB

Jepang Menang di Laga Perdana Cabang Sofbol


Antara | Olahraga

TIMNAS sofbol Jepang mengalahkan timnas Australia di Stadion Fukushima Azuma, Rabu (21/7). Pertandingan itu merupakan laga pertama di Olimpiade 2020 yang baru akan dibuka pada Jumat (23/7).

Pada inning pertama, pitcher yang juga pahlawan Jepang pada Olimpiade 2008, Yukiko Ueno, melakukan kesalahan yang membuat tim Australia mampu mencetak angka. Namun, hal itu tidak berlangsung lama ketika Yu Yamamoto membuahkan angka pertama untuk Jepang.

Minori Naito berhasil mendapatkan dua run yang berarti mencetak skor ketiga untuk Jepang. Keberhasilan itu diikuti oleh Yamato Fujita pada inning berikutnya dengan membuahkan dua run, menjadikan skor 5-1. Yamamoto mengakhiri pertandingan dengan mencetak home run.

Baca juga: Sofbol, Pertandingan Pertama di Olimpade Tokyo 2020

Stadion Fukushima Azuma merupakan salah satu di antara arena lain yang dipilih di bagian timur laut Jepang, wilayah yang dilanda gempa bumi, tsunami dan bencana nuklir pada Maret 2011, dan sejalan dengan tujuan penyelenggara yang menggunakan Olimpiade sebagai kendaraan untuk memulihkan kawasan tersebut.

Enam belas bulan setelah keputusan penundaan Olimpiade, dan dua hari sebelum upacara pembukaan resmi di Tokyo, pertandingan di Fukushima, seperti kebanyakan pertandingan Olimpiade lainnya, diadakan secara tertutup karena lonjakan kasus covid-19.

Tim sofbol Australia, yang memiliki tiga medali perunggu dan satu perak dalam cabang olahraga tersebut, mengambil tindakan pencegahan ekstra mengingat situasi sulit pandemi, dengan tiba di Jepang pada 1 Juni untuk berlatih.

Sofbol, salah satu olahraga yang ditambahkan oleh penyelenggara ke Olimpiade kali ini dan itu untuk pertama kalinya sejak 2008 ketika Jepang meraih medali emas di cabang itu. (R-3)

BERITA TERKAIT