21 July 2021, 11:14 WIB

Lifter Uganda yang Hilang di Jepang Telah Ditemukan


Ilham Ananditya | Olahraga

LIFTER Uganda Julius Ssekitoleko, yang sempat menghilang dari kamp pelatihan pra-Olimpiade di Izumisano, Osaka, Jumat (16/7), akhirnya kembali ditemukan. Hal itu diungkapkan Komite Olimpiade Uganda (UOC).

Menurut kantor berita Jepang Kyodo, Ssekitoleko ditemukan sekitar 40 km di selatan kota Nagoya, Jepang, tempat ia terlihat sedang membeli tiket kereta api.

UOC mengatakan Ssekitoleko meninggalkan kamp pelatihan mereka dan keberadaannya tidak diketahui.

Baca juga: Sofbol, Pertandingan Pertama di Olimpade Tokyo 2020

Namun, kemudian, melalui Sekretaris Jenderal UOC Beatrice Ayikoru, mereka membenarkan bahwa dia telah ditemukan.

Kedutaan Besar Uganda di Tokyo mengonfirmasi pihaknya sedang mencoba mengatur penerbangan kembali ke Uganda untuk Ssekitoleko pada Rabu (21/7) waktu setempat.

"Julius Ssekitoleko sudah ditemukan dan sekarang sedang bersama pihak berwenang di Izumisano. Kami berkoordinasi bersama kedutaan Uganda di Tokyo untuk memastikan keselamatan Ssekitoleko menuju Uganda." Kata Ayikoru.

Kedutaan mengatakan, “Dugaan melarikan diri (menghilang dari kamp pelatihan) dari kewajibannya di Olimpiade akan segera ditangani sekembalinya di ke Uganda."

Setelah Ssekitoleko diberitahu Federasi Angkat Berat Internasional, 5 Juli 2021 bahwa dirinya tidak memenuhi kuota untuk Olimpiade, UOC telah mengatur agar Ssekitoleko dan pelatihnya kembali segera ke Uganda pada 20 Juli. (BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT