20 July 2021, 10:52 WIB

Ganda Putra Bulu Tangkis Indonesia Siap Berikan yang Terbaik di Olimpiade Tokyo


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

SKUAT ganda putra bulu tangkis Indonesia siap memberikan kekuatan terbaik di Olimpiade Tokyo 2020, yang akan dimulai pada 23 Juli mendatang.

Menurunkan dua pasangan peringkat satu dan dua dunia yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (peringkat satu dunia) dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (peringkat dua dunia), skuat ganda putra bulu tangkis Indonesia siap menampilkan permainan terbaik mereka di pesta olahraga terbesar sejagad itu.

Berbicara terkait kondisi anak asuhnya, pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi mengaku senang dengan progres yang ditunjukan Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra. Menurutnya, kedua pasangan tersebut mengalami peningkatan.

Baca juga: Rionny Pastikan Kondisi Tim Bulu Tangkis Indonesia Sangat Baik

"Program persiapan di ganda putra cukup baik, grafiknya, terutama Ahsan/Hendra mengalami kenaikan," ucap Herry dalam keterangan resmi PBSI, Selasa (20/7).

"Saya juga bertanya pada mereka dan mereka bilang kondisi semakin baik. Saya pribadi juga melihat seperti itu, dari stamina dan kesiapan ada peningkatan," jelasnya.

Ini akan menjadi Olimpiade ketiga untuk pasangan Ahsan/Hendra, setelah sebelumnya tampil di  Olimpiade 2016 Rio de Janeiro dan Olimpiade 2012 London.

Sedangkan, ini menjadi yang keempat kalinya untuk Hendra, dengan ia mempersembahkan medali emas dalam debut Olimpiade-nya bersama Markis Kido dalam Olimpiade 2008 Beijing.

"Kami tidak menyangka bisa lolos ke Olimpiade tahun ini," kata Ahsan kepada BWF.

"Apalagi kami sempat berpisah sebelum dipasangkan kembali. Untuk bisa kembali ke level tertinggi bukanlah hal yang mudah, tapi kami bersyukur, kami bisa membuktikannya," imbubnya.

Tampil dengan bekal telah mengikuti Olimpiade tiga kali dan berstatus sebagai unggulan, Ahsan tidak mau jemawa dan terlalu ambisius saat bertanding di Tokyo nanti.

"Apa pun bisa terjadi, hal yang terjadi di Olimpiade 2016 pun bisa terulang. Meski kami menang melawan pasangan tertentu di berbagai turnamen, kami bisa saja kalah oleh mereka di Olimpiade," tukas Ahsan.

Dalam persiapan tim bulu tangkis Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020, Kevin Sanjaya cs telah menjalani pemusatan latihan selama 10 hari di Prefektur Kumamoto, Jepang, sebelum bergabung bersama atlet lainnya di Kampung Atlet, Tokyo.

Adapun dalam Olimpiade Tokyo 2020 yang dihelat pada 23 Juli hingga 8 Agustus, cabang bulutangkis akan dipertandingkan pada 24 Juli-2 Agustus 2021.

Sebanyak 11 atlet Indonesia pun telah bersiap menampilkan permainan terbaik di Olimpiade Tokyo,

Ke-11 atlet Indonesia tersebut yakni, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran). (PBSI/BWF/OL-1)

BERITA TERKAIT