19 July 2021, 12:27 WIB

Terkait Tabrakan di Silverstone, Bos Mercedes Bela Hamilton


Basuki Eka Purnama | Olahraga

BOS tim Mercedes Toto Wolff membela juara Grand Prix Inggris Lewis Hamilton menyusul tabrakan di lap pertama dengan pembalap rival Max Verstappen dari tim Red Bull, Minggu (18/7), di balapan Formula 1 di Silverstone.

Insiden dalam kecepatan tinggi itu mengakhiri upaya Verstappen lebih dini dan memangkas jaraknya sebagai pimpinan klasemen dari 33 poin menjadi delapan setelah Hamilton memenangi balapan seri kesepuluh di kalender itu.

Hamilton diganjar penalti 10 detik karena menyebabkan kecelakaan di tikungan Copse, salah satu tikungan tercepat di kalender, namun mampu
mencuri pimpinan lomba dari pembalap Ferrari Charles Leclerc dua lap jelang finis.

Baca juga: Hamilton Senang Bottas Patuhi Team Order

Bos tim Red Bull Christian Horner dibuat berang dan menyebut juara dunia tujuh kali itu melakukan kesalahan amatir dan gerakan yang putus asa.

"Setiap orang punya pendapat dan itu OK," kata Wolff. "Tentunya setiap tim punya keberpihakan terhadap insiden seperti itu."

"Ini adalah situasi yang saya kira akan kita semua telah melihatnya di masa lalu ketika para pembalap hebat saling membalap. Ketika tidak ada
yang siap untuk menyerah, hal seperti ini bisa terjadi. Tapi bagi saya, keduanya bertanggung jawab," lanjutnya.

Wolff mengatakan apabila insiden tersebut terjadi di tikungan dengan kecepatan yang lebih rendah maka tidak akan seramai hari ini.

"Steward merasa (penalti) 10 detik itu pantas, saya rasa karena kedua pembalap memiliki andil dalam kecelakaan itu, tidak hanya satu," pungkas Wolff. (Ant/OL-1) 

BERITA TERKAIT