18 July 2021, 10:02 WIB

Verstappen Jadi Yang Tercepat di Sprint Race F1 Perdana


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEMBALAP Formula 1 (F1)  tim Red Bull Racing, Max Verstappen berhasil merebut kemenangan perdana di balapan sprint race F1, di Sirkuit Silverstone, Inggris, Sabtu, (17/7) waktu setempat.

Tampil impresif sepanjang balapan, pembalap Belanda itu mempecundangi juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton, dan membuat dirinya mengamankan pole position untuk balapan Grand Prix Inggris akhir pekan ini.

Diketahui, sprint race F1 merupakan konsep balapan baru yang dilakukan untuk pertama kalinya, dengan GP Inggris menjadi lokasi perdana digelarnya sprint race.

Adapun sprint race merupakan balapan yang menempuh jarak 100 kilometer dengan menggunakan satu set ban tanpa pitstop untuk menentukan posisi start balapan utama.

Selain menentukan posisi start balapan utama. Tiga pembalap yang berhasil finis terdepan juga akan meraih poin klasemen, di mana posisi satu meraih 3 poin, posisi dua meraih 2 poin, dan posisi ketiga meraih 1 poin.

Verstappen tampil dominan di balapan sepanjang 17 putaran itu, mengawali balapan dari posisi kedua pemuncak klasemen itu langsung tancap gas untuk mencuri posisi pertama dari Hamilton saat menuju tikungan pertama.

Sejak memimpin lomba, pembalap Belanda itu tak terkejar rival terdekatnya dan finis 1,430 detik di depan Hamilton. Valtteri Bottas melengkapi podium di peringkat tiga 7,502 detik berselang.

"Kami saling mendorong dengan keras, karena kondisi ban yang sangat aus," ucap Verstappen dikutip dari AFP.

"Saya sangat senang telah mencetak tiga poin, saya senang berhasil meraih pole position, dan kami akan berusaha untuk mengambil kemenangan di Grand Prix," sebutnya.

Pembalap Ferrari Charles Leclerc berhasil mengamankan posisi keempat, sementara duet McLaren Lando Norris dan Daniel Ricciardo akan finis pada posisi kelima dan keenam.

Pembalap Alpine, Fernando Alonso yang mengawali balapan dari P11 meningkat dengan finis di posisi ketujuh, sedangkan Sebastian Vettel (Aston Martin), Esteban Ocon (Alpine), dan Carlos Sainz (Ferrari), secara berurutan melengkapi posisi 10 besar.

Gagal keluar sebagai yang tercepat, Hamilton mengaku kecewa karena gagal merebut kemenangan balapan perdana sprint race, namun dia berharap akan tampil maksimal di balapan GP Inggris.

"Saya telah memberikan segalanya hari ini, saya sedikit menyesal tidak bisa memenangkannya. Besok kami akan bertarung lagi, saya berharap kita bisa memulai dengan lebih baik," ucap Hamilton.

Dengan tambahan tiga poin klasemen untuk Verstappen, raihan tersebut memperlebar jaraknya sebagai pemuncak klasemen dengan margin 33 poin dari Hamilton di posisi kedua. (Rif/AFP/OL-09)

BERITA TERKAIT