17 July 2021, 16:18 WIB

Irene dan Medina Mundur dari Piala Dunia Catur 2021


Akmal Fauzi | Olahraga

DUA pecatur putri Indonesia Woman Grandmaster/International Master, yakni Irene Kharisma Sukandar dan Medina Warda Aulia, mengundurkan diri dari Piala Dunia Catur 2021 di Sochi, Rusia. 

Kemunduran keduanya setelah langkah GM Susanto Megaranto yang terhenti di Piala Dunia Catur, karena terkonfirmasi positif covid-19. Irene dan Medina pun memutuskan menarik diri dari turnamen yang diikuti para pecatur terbaik dunia.

Baca juga: Atlet Dua Cabor Punya Gejala Flu, Keberangkatan ke Olimpiade Diundur

Padahal, hasil tes covid-19 dua srikandi catur Indonesia dinyatakan negatif. Irene mengungkapkan sebenarnya dirinya dan Medina memiliki motivasi besar untuk terus bersaing di salah satu turnamen catur terakbar di dunia tersebut.

Namun, antisipasi menjaga keselamatan banyak orang menjadi pertimbangan yang lebih kuat bagi keduanya. Dalam hal ini, ketimbang mengutamakan ambisi pribadi. Alhasil, keputusan berat pun harus diambil.

Baca juga: Dua Atlet Catur Uji Tanding di Pesawat Boeing 737 Bekas

"Kami ingin mengumumkan bahwa Medina dan saya memutuskan mundur dari Piala Dunia. Kami sebenarnya sangat termotivasi untuk terus bersaing. Tetapi, keselamatan semua peserta, penyelenggara, arbiter dan semua orang di sekitar kami jauh lebih penting," bunyi cuitan Irene di akun Twitternya, Sabtu (17/7).

Irene dan Medina diketahui sudah lolos ke putaran kedua ajang bergengsi tersebut. Irene juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjalanannya. Dia pun meminta semua pihak untuk memberi dukungan moral, serta doa untuk kontingen catur Indonesia yang dinyatakan positif covid-19.(OL-11)

BERITA TERKAIT