16 July 2021, 10:20 WIB

Cara Membentuk Otot Tubuh Ideal di Rumah


Budi Ernanto | Olahraga

Untuk mendapatkan tubuh yang kuat dan kekar, tidak harus pergi ke pusat kebugaran (gym). Lalu, apakah untuk mendapatkan badan yang kekar bisa dilakukan di rumah? Tentu saja bisa, namun harus diketahui beberapa poin penting agar mendapatkan hasil yang ideal. Poin penting yang dimaksud adalah pola makan, istirahat, olahraga dan suplemen pendukung yang akan kita bahas lebih detail.

Makanan pembentuk otot

Hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah asupan makanan yang mengandung nilai gizi tinggi dan kadar lemak rendah.

1. Telur
Telur mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi serta rendah lemak yang dapat membantu pembentukan otot tubuh. Salah satu protein yang terkandung dalam telur adalah asam amino yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan sel.

2. Daging rendah lemak
Tidak semua daging bagus untuk tubuh, hanya daging merah dan tidak mengandung banyak lemak yang mampu membantu mempercepat pembentukan otot tubuh. Daging sapi atau kambing yang mempunyai protein tinggi dan lemak yang rendah adalah pada bagian kaki atau paha. Bagian tersebut hampir tidak mempunyai lemak karena selalu digunakan untuk beraktivitas. Hindari daging pada bagian perut atau kepala jika usaha anda tidak ingin sia-sia.

3. Ikan
Lemak tidak semuanya buruk bagi kesehatan, ada lemak baik yang dikenal dengan lemak tak jenuh. Kandungan tersebut ada pada daging ikan seperti tuna, tenggiri, herring atau jenis lainnya yang umumnya berada pada perairan laut dalam. Tidak hanya itu, kandungan omega 3 pada ikan tersebut juga dapat meningkatkan kinerja otak selama olahraga.

4. Kacang kedelai
Asam amino yang terkandung dalam kacang kedelai mampu membantu membentuk dan memperbaiki jaringan otot tubuh. Makanan ini termasuk salah satu jenis protein nabati yang juga sangat penting untuk pembentukan otot.

Olahraga pembentuk otot

Setelah memperhatikan pola makan, saat nya melakukan olahraga yang teratur agar mendapatkan hasil optimal. Tidak semua olahraga dapat membuat otot menjadi kekar, jadi harus diketahui jenis olahraga yang tepat.

1. Push-up
Siapa yang tidak kenal dengan push-up, jenis olahraga ini umum digunakan pada saat kita sekolah. Manfaatnya ternyata cukup besar untuk membentuk otot tubuh, terutama pada bagian tangan, dada dan pundak.

2. Pull-up
Tidak umum, namun masih sering kita jumpai di beberapa kesempatan. Untuk dapat melakukan latihan pull-up, anda harus memanfaatkan tiang yang dikenal dengan pull up bar. Jika tidak punya, silahkan gunakan pintu rumah. Latihan ini dapat membentuk otot lengan, dada dan juga bahu.

3. Deadlift
Latihan ini merupakan salah satu olahraga angkat beban dengan posisi tubuh tegak. Peralatan yang digunakan cukup simple, yaitu barbel dengan beban tertentu. Deadlift dapat membantu membentuk otot punggung, paha, pinggul dan tangan.

4. Sit-up
Hampir tidak memerlukan alat apapun, sit-up dapat membantu membentuk otot perut, pinggul, dada dan leher. Lakukan cara yang benar dengan menekuk kaki sampai batas lutut, kemudian tarik ketas bagian tubuh mulai dari kepala sampai perut.

Baca juga: Makanan Sehat dan Organik untuk Tubuh Ideal

Suplemen pendukung

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa hampir semua atlet menggunakan suplemen pendukung untuk menjadikan otot tubuh mereka sempurna. Sebut saja Ade Rai, Novia Wijayanti, Ggita Pramitasari dan Jeremiah Lakhwani yang menggunakan produk ANS performance indonesia.

Pada situs ansperformanceindonesia.com dapat dilihat banyak produk yang disediakan yang membuat para atlet tersebut bisa memilih sesuai kebutuhan dan kegunaannya. ANS merupakan perusahaan suplemen yang mempunyai banyak produk dengan kualitas terjamin.

Lean Mass erupakan gainer yang cocok untuk pembentukan otot tubuh dengan kualitas yang sudah dijamin karena memiliki rasio protein sekitar 45% dan kandungan gula yang sangat rendah.

Lalu, QUENCH BCAA 100 SERV mengandung asam amino tinggi yang dapat memulihkan otot setelah melakukan olahraga. Selain itu juga dapat mencegah otot susut alias hasilnya permanen.

Kemudian Vegan Fresh1 adalah produk unggulan ANS dengan kandungan protein nabati tinggi sehingga alami dan hampir tidak ada efek samping. Sangat cocok bagi mereka yang tidak dapat minum susu karena mual dan efek lainnya, Vegan Fresh1 tidak mengandung laktosa.

Produk lain yang bisa ditemukan di website resminya atau di akun Instagram @ansperformanceindonesia adalah Lean Mass, N-Mass, N-Pro dan lainnya penting untuk membentuk otot tubuh ideal. (R-3)

BERITA TERKAIT