16 July 2021, 17:19 WIB

Pemerintah Kebut Pembangunan Venue PON XX Papua


Ilham Ananditya |

PEMERINTAH pusat memberikan bantuan untuk keberlangsungan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), termasuk penyediaan kendaraan operasional.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman menyebut Kemenhub membantu distribusi 430 unit bus ke seluruh lokasi. Khususnya, empat lokasi utama PON, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

"Ada 430 unit bus yang didistribusikan ke seluruh daerah penyelenggara," jelas Marciano, Jumat (16/7).

Baca juga: DPD RI Dorong Daerah Ikut Sukseskan PON Papua

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan venue olahraga PON XX Papua ditargetkan rampung pada akhir Juli 2021. Adapun lima dari delapan venue cabang olahraga PON telah rampung 100%. 

Pembangunan Stadion Lukas Enembe yang awalnya bernama Stadion Utama Papua Bangkit, dikatakan Basuki juga sudah selesai. Stadion berkapasitas 40.000 penonton yang berada di Kabupaten Jayapura, akan menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan PON XX Papua 2021.

Marciano menambahkan bahwa pembangunan fasilitas pendukung juga sudah selesai. "Beberapa rumah susun untuk menampung atlet dan ofisial sudah selesai," papar Marciano.

Baca juga: KONI Pusat Berharap PON Papua 2020 Lebih Digaungkan

Pembangunan dan revonasi fasilitas PON XX Papua 2021 milik pemerintah daerah setempat, kepolisian daerah dan kodam setempat juga sudah berjalan. "Sedang dilakukan renovasi agar fasilitas itu setidaknya mendekati atau setingkat dengan hotel bintang tiga," ungkapnya.

Hingga saat ini, kesiapan umum penyelenggaraan PON XX Papua 2021 sudah 93%. Itu meliputi bidang penyelenggaraan maupun tempat pertandingan olahraga. Namun, masih ada satu tempat pertandingan olahraga yang belum rampung dan ditargetkan selesai akhir September.(OL-11)


 

 

 

BERITA TERKAIT