16 July 2021, 07:44 WIB

Djokovic Pastikan akan Tampil di Olimpiade Tokyo


Basuki Eka Purnama | Olahraga

PETENIS peringkat satu dunia Novak Djokovic, Kamis (15/7), menegaskan dirinya akan tampil di Olimpiade Tokyo. Hal itu membuka peluang petenis Serbia itu menjadi petenis putra pertama yang meraih Golden Grand Slam.

"Saya telah membeli tiket ke Tokyo dan akan bangga mewakili Serbia di Olimpiade," cicit Djokovic.

"Dengan bangga, saya bersiap bertolak ke Tokyo dan bergabung dengan timnas kami dalam upaya memenangkan medali emas Olimpiade."

"Bagi saya, membela Serbia membawa kebahagiaan dan motivasi. Saya akan berusaha keras membuat semua warga Serbia bahagia," lanjutnya.

Baca juga: Masuk Protokol Covid-19, Beal Dicoret dari Tim Olimpiade AS

Petenis berusia 34 tahun itu telah memenangkan gelar Austria Terbuka, Prancis Terbuka, dan Wimbledon pada tahun ini.

Djokovic kini butuh memenangkan medali emas Olimpiade dan Amerika Serikat (AS) Terbuka untuk menjadi petenis putra pertama yang memenangkan Golden Grand Slam.

Satu-satunya petenis yang pernah meraih Golden Grand Slam adalah petenis putri legendaris Jerman Steffi Graf pada 1998.

Jalan Djokovic untuk meraih medali Olimpiade semakin terbuka seiring keputusan Roger Federer dan Rafael Nadal untuk tidak berlaga di pesta olahraga sejagat itu.

Djokovic memenangkan medali perunggu nomor tunggal Olimpiade 2008 setelah dikalahkan Nadal di semifinal untuk kemudian mengalahkan James Blake di perebutan tempat ketiga.

Di Olimpiade 2012, Djokovic, yang menjadi pembawa bendera Serbia di upcara pembukaan, kalah di semifinal di tangan Andy Murray. Dia kemudian kalah di perebutan tempat ketiga dari Juan Martin del Potro.

Del Potro kemudian mengalahkan Djokovic di putaran pertama Olimpiade 2016. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT