15 July 2021, 03:14 WIB

Juara Etape 17, Pogacar di Ambang Juara TdF 2021


Ilham Ananditya | Olahraga

TADEJ Pogacar makin mengukuhkan diri sebagai pimpinan klasemen umum Tour de France (TdF) setelah memenangi etape 17 di Col du Portet, Rabu (14/7) waktu setempat. Juara bertahan asal Slovenia itu melakukan sprint demi mengalahkan pembalap Denmark Jonas Vingegaard dan pembalap Ekuador Richard Carapaz di puncak Col du Portet untuk meraih kemenangan etape tanjakan pertamanya di TdF tahun ini.

Dengan hasil itu Pogacar kini memimpin lima menit 39 detik dari Vingegaard yang berada di posisi dua. Sementara Carapaz menempati peringkat tiga sedangkan pembalap Kolombia Rigoberto Uran merosot ke peringkat empat, terpaut 7 menit 17 detik dari Pogacar.

"Pekan lalu kami bekerja keras, tim selalu di depan untuk mengendalikan balapan. Hari ini , dengan breakaway kecil, kami melihat kesempatan untuk memenangi etape ini," kata pembalap tim UAE.

"Saya sangat senang memenangi tanjakan terberat. Rekan-rekan satu tim saya mengerahkan segalanya dan saya berhutang kepada mereka. Menang dengan jersey kuning adalah sesuatu yang tak bisa saya gambarkan," tambah Pogacar. (Ant/OL-15)

BERITA TERKAIT