14 July 2021, 11:51 WIB

Patrick Konrad Raih Kemenangan Pertama di Tour De France


Ilham Ananditya | Olahraga

PESEPEDA dari tim Bora–Hansgrohe, Patrick Konrad, menjuarai etape ke-16 Tour de France (TDF) 2021 dari Pas De La Case ke Saint-Gaudens, Prancis pada Selasa (13/7) lalu.

Prestasi yang ditorehkan Konrada merupakan kemenangan etape pertama di Tour de France bagi Konrad dalam kariernya.

Dalam perlombaan etape ke-16 TDF, juara nasional Austria, Konrad mengikuti jejak rekan setimnya, Nils Politt, yang menjuarai etape ke-12.

Konrad merebut kemenangan etape Tour de France pertamanya setelah meninggalkan rombongan pembalap sepeda lainnya saat 37 kilometer di sisa akhir lintasan.

“Saya sangat gembira, ini adalah kemenangan pertama saya di tur dunia dan ini adalah balap sepeda terbesar di dunia. Saya tidak bisa berkata apa-apa,” ucap Konrad.

Pembalap asal Austria itu memacu sepedanya dari El Pas De La Casa di Andorra menuju Saint-Gaudens di Prancis dengan trek pegunungan menengah dan berhasil menempuh 169 kilometer hanya dalam waktu empat jam satu menit 59 detik.

Memiliki selisih 13 menit 49 detik dengan unggulan nomor satu pemilik jersey kuning, Tadej Pogacar yang hanya mampu finis di urutan ke-14.

Tadej Pogacar mencatatkan waktu empat jam 15 menit 48 detik, sedangkan pembalap sepeda Sonny Colbrelli yang finis di urutan kedua hanya berselisih 42 detik dengan Konrad.

Berjuang dengan cuaca yang dingin di pegunungan Pyreness di perbatasan Spanyol dan Prancis, Konrad sukses melesat dan memisahkan diri dari rombongan pembalap peloton di jalur tanjakan tajam di Col De Portet-D’Aspet.

Konrad unggul lebih dulu dengan keunggulan 20 detik atas Sonny Colbrelli dan semakin memberi jarak yang cukup jauh ketika lintasan melewati lereng.

Pembalap usia 29 tahun itu menikmati keunggulan 40 detik di 25 kilometer tersisa. Kemudian sembilan pembalap lainnya kembali mengejar Konrad di 15 kilometer sebelum finis.

“Bukan keputusan yang baik untuk mencoba lebih unggul dan memisahkan diri dengan yang lain, namun saya senang bisa mencapai finis,” tutur Konrad.

Tersisa lima etape dari total 21 etape TDF 2021, para pembalap akan kembali melanjutkan perlombaan hari ini, Rabu (14/7) dengan menempuh rute pegunungan dari Muret ke Saint-Lary-Soulan yang masih berada di kawasan Col De Portet sejauh 178,4 kilometer. (And/Letour/BBC/OL-09)

BERITA TERKAIT