10 July 2021, 09:30 WIB

Djokovic Bersiap Raih Gelar Grand Slam ke-20 kalinya


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PETENIS peringkat satu dunia Novak Djokovic selangkah lebih dekat untuk mengklaim gelar Grand Slam ke-20 kalinya menyamakan rekor gelar Grand Slam terbanyak milik Roger Federer dan Rafael Nadal, setelah lolos ke Final Wimbledon 2021, Jumat atau Sabtu WIB (10/7)

Dalam perjalananya menuju babak final, Djokovic berhasil merebut kemenangan atas unggulan ke-10 Denis Shapovalov di babak semifinal dengan skor kemenangan 7-6(7/3), 7-5, 7-5.

"Saya tidak berfikir bahwa skornya cukup menjelaskan tentang kinerja dan pertandingan. Dia (Shapovalov) melakukan servis yang baik di set pertama dan meningkatkan permainanya di sebagian besar set kedua," ucap Djokovic terkait permainan Shapovalov, dilansir dari ATPtour, Sabtu, (10/7).

"Dia memiliki banyak peluang dan saya ingin memberinya tepuk tangan meriah untuk semua yang telah dia lakukan hari ini dan dua minggu ini," imbuhnya.

Datang ke turnamen Grand Slam Wimbledon 2021 setelah merebut gelar juara di Prancis Terbuka, Djokovic telah tampil impresif dalam beberapa pertandingan terakhirnya di Wimbledon yang mana dia hanya kalah satu set saat melawan petenis tuan rumah Jack Draper.

Ini akan menjadi pertandingan babak final ke-30 kalinya untuk Djokovic di semua turnamen Grand Slam, menjadi pencapaian nomor dua terbanyak setelah Federer yang telah mencapai babak final grand slam sebanyak 31 kali.

Mengamankan tiket final, petenis Serbia itu selanjutnya akan menghadapi lawan kuat lainnya di babak final yakni petenis Italia Matteo Berrettini. Dalam perjalananya menuju babak final Berrettini berhasil menghempaskan petenis Polandia Hubert Hurkacz dengan kemenangan 6-3, 6-0, 6-7(3/7), 6-4.

Dalam catatan ATPtour, Djokovic memimpin 2-0 atas Berrettini dalam head to head mereka dengan pertandingan terakhir terjadi di perempat final Prancis Terbuka beberapa waktu lalu, dengan Djokovic merebut kemenangan 6-3, 6-2, 6-7(5/7), 7-5.

Meski Berrettini belum merebut satu kemenangan pun atas Djokovic, tetapi petenis Italia itu telah memainkan permainan terbaiknya di turnamen rumput, di mana dia belum terkalahkan di turnamen rumput sejak meraih trofi di trunamen Queens. Namun Djokovic tak gentar akan itu semua.

"Tidak ada yang menahan begitu anda melangkah keluar menuju lapangan, terutama di tahap final dari sebuah acara yang selalu saya impikan untuk menang," terang Djokovic.

"Saya selalu mencoba mengeluarkan kemampuan maksimal saya di setiap pertandingan untuk melihat apa yang akan terjadi. Menyerah tidak pernah menjadi pilihan saya," tukas Djokovic. (ATPtour/OL-13)

Baca Juga: Karolina Pliskova Hadapi Ashleigh Barty di Final Wimbledon

BERITA TERKAIT