09 July 2021, 00:17 WIB

Angin Bawa Nils Politt Menangi Etape 12 Tour de France 2021


Ghani Nurcahyadi | Olahraga

CUACA berangin yang berlangsung di  Saint-Paul-Trois-Chateau, Prancis, Kamis (8/7) memberikan keuntungan bagi pembalap tim Bora-Hansgrohe Nils Politt untuk meraih kemenangan di etape 12 Tour de France 2021. 

Pembalap asal Jerman itu sukses menyudahi balapan sepanjang 159,4 km menuju Nimes itu dengan catatan waktu 3 jam 22 menit 12 detik. Ia finis sendirian d rute datar kelima di Tour de France 2021 itu.

Cuaca berangin kencang di awal lomba sempat membuat panitia perlombaan menunda start selama 15 menit. Ketika perlombaan dimulai, angin kencang kembali berhembus yang membuat hanya 13 pembalap berada di grup terdepan di awal lomba.

Politt yang sebelumnya berada di bawah pembalap bintang, Peter Sagan, sukses mengeluarkan kemampuan terbaiknya di tengah terpaan angin kencang. Saat balapan menyisakan 30 km jelang finis, ia hanya bertiga di jajaran terdepan dengan Imanol Ervitti (Movistar team) dan Herry Sweeny (Lotto soudal). 

Jelang 12 km jelang finis, Politt kembali melepaskan diri dan membalap sendirian hingga finis. Rivalnya baru tiba 3 menit 31 detik kemudian di garis finis. 

Baca juga : Wout Van Aert Taklukkan Rute Tanjakan Ikonik Tour de France

"Langsung setelah lomba dimulai, angin kencang datang dan kemudian saya memenangi balapan ini. Sulit dipercaya. Saya membuka jarak dengan pembalap lain hingga finis. Olahraga ini merupakan passion saya dan ini hal besar isa menang disini," kata Politt.

Kemenangan Poliit sekaligus menunda ambisi pembalap gaek tim Deceunink-Quickstep, Mark Cavendish untuk menyamai rekor Eddy Merckx yang mengoleksi kemenangan etape terbanyak di Tour de Frrance dengan 34 kemenangan.

DI sisi lain, klasemen pembalap umum pun tidak berubah dengan pembalap UAE team Emirates yang juga juara tahun lalu, Tadej Pogacar mempertahankan kaus kuning (yellow jersey) tanda pemimpin klasemen.

"Saya merasa baik diatas sepeda hari ini. Di etape berikutnya, ketika ada kesempatan (untuk menang), saya tidak akan tinggal diam," kata Pogacar yang finis bersama grup besar pembalap 15 menit usai Politt menyentuh finis.

Etape 13 Tour de France 2021, Jumat (9/7) akan kembali menyajikan rute datar dari Nime ke Carcasonne dengan jarak 219,9 km. (AFP/Cyclingnews/OL-7)

BERITA TERKAIT