08 July 2021, 14:05 WIB

KONI Pusat Minta Daerah Maksimalkan Persiapan PON Papua


Akmal Fauzi | Olahraga

KETUA Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman berharap para ketua KONI provinsi dan kabupaten/kota mempersiapkan semaksimal mungkin agenda-agenda yang telah dibuat oleh panitia besar PON XX yang akan digelar pada 2-15 Oktober 2021.

Pengenalan terhadap atlet berprestasi juga harus diangkat untuk menyemarakan pesta olahraga tanah air itu.

"Sekarang bagaimana terus persiapkan agar gema PON Tahun 2021 ini harus bergetar di seluruh Indonesia," ujar Marciano dalam sambutannya membuka rapat sosialisasi PON XX Papua 2021 secara daring, Kamis (8/7).

Atlet-atlet unggulan setiap provinsi juga diminta untuk dipublikasikan agar masyarakat mengetahui wakilnya. "Jadi saya berharap akan lahir ikon-ikon baru dari atlet-atlet olahraga kita yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia," jelas Marciano.

Marciano optimis dan yakin PON XX Papua 2021 tetap berjalan meski saat ini Indonesia tengah berjuang melawan pandemi Covid-19 yang terus melonjak. 

Marciano menyadari, persiapan atlet khususnya di Provinsi Jawa dan Bali berpengaruh lantaran ada kebijakan PPKM Darurat yang ditetapkan pemerintah. Namun, dia mengajak komunitas olahraga, jajaran KONI provinsi dan kabupaten/kota untuk memberikan dukungan kepada kebijakan pemerintah tersebut.

"Tidak mungkin kita menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional ke-20 di Papua apabila situasi daerah masing-masing, situasi masih rata-rata di zona merah. Mari sama-sama bekerja maksimal di dalam waktu kurang dari 90 hari ini untuk menekan, berkontribusi kepada pemerintah, menjaga atlet-atlet kita tetap melaksanakan program unit provinsi agar PON XX Papua tetap dilaksanakan," jelas Marciano.

Terkait masalah keamanan, Marciano mengaku situasi Papua sangat dinamis. Tetapi dia yakin penyelenggaraan PON XX Papua akan berjalan dengan aman, nyaman dan sukses. (Mal/OL-09)

BERITA TERKAIT