07 July 2021, 00:09 WIB

Dominasi Cavendish di Rute Datar Tour de France 2021 Berlanjut


Ghani Nurcahyadi | Olahraga

PEMBALAP Deceuninck-Quickstep, Mark Cavendish kembali membuktikan dirinya sebagai sprinter paling cepat di Tour de France 2021 dengan merebut kemenangan ketiga di etape kesepuluh, Selasa (6/7). Cavendish menyelesaikan lomba sejauh 190,7 km dari Albertville ke Valence dengan catatan waktu 4 jam 14 menit 7 detik.

Kemenangan itu sekaligus menjadikan Cavendish kini hanya tertinggal 1 kemenangan etape lagi untuk menyamai rekor kemenangan etape Tour de France yang dipegang legenda pembalap Belgia Eddy Mercx. 

Cavendish yang berjuluk Manx Missile itu sukses merebut garis finish lebih cepat dibandingkan pesaingnya daam adu sprint jelang finish. Pembalap 36 tahun itu pun kini semakin jauh memimpin di kategori sprint Tour de France 2021 dan makin menggenngam erat kaus hijau (green jersey) sebagai tanda raja sprinter.

"Seperti masa lalu, sprint habis-habisan, layaknya anda membaca berita balapan di majalah.Saya berterima kasih pada rekan satu tim yang menarik saya habis-habisan hingga saya berhasil menyentuh garis finis tanpa hambatan," kata Cavendish. 

Baca juga : Ben O’Connor Raih Kemenangan di Etape Kesembilan Tour De France

Etape kesepuluh yang berlangsung di rute datar itu, berlangsung setelah pembalap beristirahat satu hari (rest day) pada Senin (5/7) usai menjalani rute pegunungan yang berat melintasi pegunungan alpen Prancis. Rute kali ini pun terbilang jadi arena adu taktik dan adu kekuatan sprinter karena hanya ada satu jalur tanjakan. 

Hasil etap ke-10 juga belum mengubah klasemen umum pembalap untuk pemegang kaus kuning (yellow jersey). Juara tahun lalu, Tadj Pogacar dari UAETeam Emriates masih memimpin ditempel ketat juara etape 9 Ben O'Connor.

Etape 11 Tour de France 2021, Rabu (7/7), akan kembali menyajikan balapan rute pegunungan yang menempuh jarak 198,9 km dari Sorgues ke Malaucene. (Cyclingnews/OL-7)

BERITA TERKAIT