05 July 2021, 18:34 WIB

Ben O’Connor Raih Kemenangan di Etape Kesembilan Tour De France


Ilham Ananditya | Olahraga

PEMBALAP sepeda asal Australia dari tim AG2R-Citroen, Ben O'Connor, melaju seorang diri menuju garis finis dalam partisipasi pertamanya di etape kesembilan Tour De France (TDF) 2021. Dia pun menangis bahagia setelah menyentuh garis finis.

O’Connor berhasil menempuh dengan catatan waktu 4 jam 26 menit 43 detik. Etape kesembilan di trek gunung sepanjang 144,9 km dari Cluses di Pegunungan Alpen utara, mulai berlangsung sejak Minggu (4/7) lalu.

Juara bertahan Tadej Pogacar terus memantau pergerakan penantang lainnya. Dia juga mempertahankan ‘jersey kuning’ sebagai penanda pemimpin keseluruhan balapan di Tour de France, setelah etape kesembilan.

Baca juga: Mohoric Sukses Taklukkan Etape Terpanjang Tour de France 2021

Adpaun O'Connor berhasil memenangkan partisipasi pertamanya di TDF setelah berhasil lepas dari breakaway. Tepatnya di depan duo pesepeda Italia, yakni Matteo Cataneo dan Sonny Colbrelli.

Pesepeda ‘jersey kuning’ asal Slovenia, Pogacar, memegang kendali sepanjang balapan pada Sabtu (3/7) lalu. Dia bertahan dari penetrasi rival utamanya, Richard Carapaz, dalam pendakian terakhir Alpine Tignes sepanjang 21 km.

Baca juga: Penonton yang Sebabkan Kecelakaan di Tour de France Menyesal

Dengan kemenangan etape Tour pertamanya, O'Connor naik ke posisi kedua dalam klasemen umum secara keseluruhan. Dalam hal ini, dia selisih dua menit dan satu detik lebih cepat dari peringkat ketiga, yakni Rigoberto Uran dari Kolombia.

“Itu selalu menjadi mimpi dan bukti untuk semua orang yang menaruh kepercayaan pada saya. Ini adalah perjalanan yang menakjubkan," pungkas O'Connor.

Pad Senin waktu setempat, akan menjadi hari istirahat pertama balapan sebelum menempuh etape kesepuluh pada Selasa. Untuk etape kesepuluh, balapan akan menempuh jarak 190,7 km dari Albertville ke Valence.(AFP/OL-11)

 

BERITA TERKAIT