03 July 2021, 00:00 WIB

Mohoric Sukses Taklukkan Etape Terpanjang Tour de France 2021


Ghani Nurcahyadi | Olahraga

PEMBALAP Bahrain Victorious Matej Mohoric sukses menjadi pembalap tercepat dalam etape 7 Tour de France 2021 yang sekaligus menjadi etape terpanjang dalam seri balapan grand tour tertua itu tahun ini. 

Mohorij menyentuh garis finis dengan catatan waktu 5 jam 28 menit 20 detik untuk menyelesaikan balapan sepanjang 249 km yang melewati rute perbukitan dari Vierzon ke Creusot.

Selain memenangi etape ini, Mohoric juga sukses mengklaim kaus polkadot (polkadot jersey) sebagai tanda raja tanjakan, setelah berhasil menaklukkan 5 rute tanjakan dengan berbagai kategori.

"Ini melengkapi kemenangan saya yang pernah didapatkan di Giro d'Italia dan Vuelta a Espana," kata Mohoric yang berkebangsaan Slovenia.

Balapan etape ketujuh yang memasuki rute tanjakan hingga kategori 4 menjadi arena adu taktik masing-masing tim dalam membawa pembalap andalannya ke barisan terdepan. Sejumlah pembalap bahkan langsung mengambil langkah melepaskan diri grup besar (breakaway) pada 50 km perdana perlombaan, termasuk pemegang kaus kuning Matthieu Van der Poel.

Baca juga : Penonton yang Sebabkan Kecelakaan di Tour de France Menyesal

Strategi breakaway lah yang sukses dimainkan Bahrrain untuk melepas Mohoric melaju sendirian ke gaeris finis. Ia pun kini menyodok ke posisi 4 klasemen umum. Pemuncak klasemen masih dipegang oleh Van dr Poel dari Alpecin-Fenix yang finis lebih dar 5 menit usai Mohoric.

Ia kini dibuntuti pembalap andalan tim Jumbo Visma Wout Van Aert yang menggeser posisi juara tahun lalu Tadej Pogacar. 

"Ini menjadi hari yang brutal. Saya belum pernah merasakan seperti ini di balapan, bahkan saat menyaksikannya di televisi. Tujuan saya hanya ingin mempertahankan kaus kuning ini dari pesaing saya," ujar Van der Poel.

Setelah rute perbukitan, etape 8 Tour de France 2021, Sabtu (3/7) akan mulai memasuki rute pegunungan yang jadi tantangan para pembalap. Kali ini giliran pembalap spesialis tanjakan yang akan menjadi andalan membawa ace masing-masing tim ke garis depan.

Etape 8 Tour de France 2021 akan menempuh rute sepanjang 150,8 km daeri Oyonnax ke Le Grande-Bornand. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT