02 July 2021, 00:19 WIB

Menang Etape 6, Cavendish Dekati Rekor Eddy Merckx di Tour de France


Ghani Nurcahyadi, Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEMBALAP Deceunnink Quickstep, Mark Cavendish kembali menunjukkan dominasinya setelah berhasil menjuarai etape keenam Tour de France 2021, Kamis (1/7). Ia menjaid yang tercepat di rute datar sejauh 160,6 Km darti Tour ke Chatteroux dengan catatan waktu 3 jam 17 menit 36 detik.

Cavendish yang mengenakan kaus hijau tanda peminpin kategori spirnt, menunjukkan kekuatan otonya masih bisa membawanya menjadi juara setelah menunjukkan kekuatan sprinternya 1,7 km jelang finis. 

Dengan kemenangan itu, Cavendish kini sudah mengantongi 32 kemenangan etape di Tour de France, hanya berselisih 2 kemenangan dari rekor yang dipegang pembalap asal Belgia Eggy Merckx.

"Tolong jangan tanya saya pertanyaan seperti itu," kata Cavendish berusaha merendah.

Baca juga : Jadi yang Tercepat di Etape Time Trial, Pogacar Tempel Van der Poel

Arena finis etape keenam di Chatteroux merupakan tempat yang paling dikenal oleh Cavendish karena memberinya kemenangan pada 2008 dan 2011. Kemenangan kali ini, seakan menjadi sejarah berulang bagi Cavendish.

Hasil di etape keenam masih belum mengubah komposisi teratas klasemen umum pembalap. Matthieu Van der Poel dari Alpecin-Fenix masih akan mengenakan kaus kuning karena ia sukses merengkuh garis finis bersama peloton besar.

Etape ketujuh Tour de France 2021, Jumat (2/7) akan menjadi etap terpanjang dalam balapan grand tour itu. Para pembalap akan berlomba sejauh 249,1 km di rute perbukitan yang membentang dari Vierzon ke Le Creusot. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT