24 June 2021, 15:52 WIB

Pembalap WSBK Gerloff Gantikan Morbidelli di MotoGP Belanda


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEMBALAP motor World Super Bike (WSBK) Garrett Gerloff dikonfirmasi siap mengantikan pembalap Franco Morbidelli untuk melakoni balapan di MotoGP Balanda bersama tim Petronas Yamaha SRT, akhir pekan ini, Minggu, (27/6).

Seperti diketahui pembalap Italia Morbidelli telah dipastikan tidak akan turun pada balapan di Sirkuit Assen setelah mengalami cedera lutut saat latihan.

Tim Yamaha mengatakan Morbidelli membutuhkan waktu untuk perawatan agar dapat kembali mengaspal di MotoGP 2021.

Jelang memacu kendaraan bersama YZR-M1, Gerloff mengaku senang dapat dipercaya Yamaha turun ke balap MotoGP Belanda dan ia pun bersiap menampilkan penampilan terbaiknya.

"Saya senang karena kesempatan ini muncul dengan sendirinya. Saya buka orang yang lari dari tantangan jadi saya siap untuk membalap," ucap Gerloff dikutip dari Speedweek, Kamis, (24/6).

"Ini akan menjadi kursus baru bagi saya, dan saya suka melakukan ini. Kelihatanya ini akan menyenangkan, kami akan melihat bagaimana kelanjutannya, sejauh ini saya merasa baik dan ingin berterima kasih kepada Yamaha dan tim yang telah mempertimbangkan saya," imbuhnya.

Musim lalu, pembalap asal Amerika Serikat itu pernah menggantikan Valentino Rossi pada latihan bebas pertama (FP1) dan FP2 dalam gelaran MotoGP Valencia. Walau hanya sesi latihan, namun Gerloff menunjukkan penampilan menjanjikan.

"Saya tidak sabar untuk mengendarai Yamaha M1 lagi. Balapan ini tidak mudah, namun saya akan memberikan yang terbaik," terangnya.

Sejatinya sebelum menunjuk Gerloff, Yamaha juga mempertimbangkan pembalap Turki Toprak Razgatlioglu untuk mengisi posisi Morbidelli, namu sayangnya tawaran Yamaha itu ditolak.

Razgatlioglu mengatakan dirinya ingin berfokus pada gelar juara WSBK 2021, di mana ia saat ini menduduki peringkat kedua di klasemen WSBK 2021.

Dengan ditunjuknya Gerloff pada balapan MotoGP Belanda, dipastikan Yamaha akan melakoni balapan dengan empat pembalap yakni Fabio Quartararo,  Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Gerloff.

Dengan balapan MotoGP yang telah berjalan sebanyak 8 balapan, Yamaha saat ini masih bertahan di puncak klasemen sementara konstruktor dengan mengumpulkan 159 poin berjarak 5 poin dengan Ducati di posisi kedua. (Rif/Speedweek/OL-09)

BERITA TERKAIT