22 June 2021, 10:42 WIB

Djokovic Buru Rekor Grand Slam Nadal dan Federer di Wimbledon


Basuki Eka Purnama | Olahraga

NOVAK Djokovic berpeluang menyamai rekor 20 gelar Grand Slam, sama dengan yang diraih Rafael Nadal dan Novak Djokovic, saat tampil di Wimbledon, yang mulai digelar pekan depan.

Petenis Serbia itu juga berpeluang menjadi petenis ketiga sepanjang sejarah yang menyapu bersih gelar Grand Slam dalam satu tahun.

Saat ini, Djokovic telah memenangkan gelar Australia Terbuka dan Paris Terbuka. Hal itu berarti dia tinggal memenangkan gelar Wimbledon dan Amerika Serikat (AS) Terbuka untuk menyamai rekor Don Budge (1937) dan Rod Laver (1962 dan 1969) yang memenangkan empat gelar Grand Slam di tahun yang sama.

Baca juga: Shapovalov Susul Nadal dan Thiem Mundur dari Olimpiade Tokyo

Jika berhasil melakukannya, Djokovic akan membuktikan diri lebih hebat baik dari Nadal maupun Federer karena keduanya tidak pernah bisa melakukan hal itu.

"Segalanya mungkin," ujar Djokovic setelah menjadi juara Prancis Terbuka, awal bulan ini, ketika ditanya apakah dia bisa memenangkan Golden Slam, yaitu menjuarai empat Grand Slam sekaligus medali emas Olimpiade.

"Saya telah mencapai hal yang selama ini disebut mustahil atau tidak mungkin oleh banyak orang," imbuh petenis berusia 34 tahun itu.

Namun, Djokovic pernah berada dalam situasi seperti ini, memenangkan Australia Terbuka dan Prancis Terbuka 2016 sebelum kemudian gagal di Olimpiade Rio, Wimbledon, dan AS Terbuka.

Djokovic telah memenangkan tujuh dari 11 Grand Slam terakhir saat dia memburu rekor 20 gelar Grand Slam yang dipegang Nadal dan Federer.

Nadal, juara Wimbledon 2008 dan 2010, memutuskan mundur dari turnamen tahun ini.

Adapun, Federer, yang merupakan juara Wimbledon delapan kali hanya memenangkan satu laga di lapangan tanah rumput menjelang Wimbledon tahun ini. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT