13 June 2021, 03:15 WIB

Pordasi Cari Alternatif Arena Kejurnas Pacuan Kuda 


Mediaindonesia.com | Olahraga

KEJUARAAN Nasional Pacuan Kuda Piala Presiden yang sedianya digilar medio Agustus mendatang di Arena Ki Ageng Astro Joyo, Pasuruan, Jawa Timur, hingga kini belum bisa diadakan. Hal itu karena Pasuruan kini telah berubah menjadi zona merah Covid-19, sehingga sejumlah acara yang melibatkan kerumunan massa dibatalkan hingga akhir Juli mendatang.

Karena belum adanya kepastian itu, Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP PordasI) pun bersiap mencari alternatif arena kejurnas pacuan kuda 

“Tahun lalu, Kejurnas Piala Presiden di Yogyakarta sudah dibatalkan karena alasan Covid-19. Tahun ini, saya tidak mau mengecewakan mereka yang selama sekitar 3 tahun telah mempersiapkan kuda untuk derby,” buka Ketua Umum PP.Pordasi Triwatty Marciano dalam keterangannya.

Triwatty menegaskan, pihaknya akan segera menggelar rapat internal menyikapi perubahan status Pasuruan dan mencari alternatif arena kejurnas pacuan kuda. Ia menjelaskan, Pasuruan merupakan amanat Rakernas PP Pordasi 2021 karena sebelumnya merupakan zona hijau Covid-19.

"Kami segera menggelar rapat untuk mendapatkan kesepakatan guna mengubah amanat Rakernas tersebut,” sambung Triwatty.

Baca juga : KOI Optimistis Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Adapun pada rapat nanti, Sumatera Barat menjadi salah satu alternatif karena pada Rakernas Tahun 2021, arena pacuan di Pasuruan bersaing dengan Arena Pacuan Kuda Sutan Syahrir Padang, Sumatera Barat. Hal tersebut disampaikan oleh Waketum II PP.Pordasi Widodo Edi Sektianto.

“Alasan Covid-19 yang berubah menjadi zona merah dari zona hijau termasuk Force Majeure, sehingga yang terdepan adalah alternatif sesuai hasil Rakernas 2021,” sambung Widodo.

Ketua Komisi Pacu PP.Pordasi Harsoyo menerangkan, alternatif yang dimaksud adalah Sumatera Barat. 

“Sumatera Barat bisa langsung diputuskan jika seluruh pihak menyanggupi,” jelas Harsoyo sembari menambahkan opsi untuk menentukan lokasi baru yang disepakati pada rapat koordinasi antara PP.Pordasi dengan beberapa Pengprov jika Sumatera Barat juga belum bisa menjadi tempat penyelenggaraan Kejurnas. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT